Setelah lulus dari Amerika, dia kembali ke Hong Kong. Dan dia bertemu dengan Stephen Leung, partner kerjanya. Setelah bertemu mereka sepakat untuk membuat peru­sahaan game. Perusahaan game pertama mereka bernama Video Technol­ogy Limited didirikan pada tahun 1976. Pada waktu itu perusahaannya berfokus dalam mengembangkan game. Tetapi, Bill Gates berhasil menemukan chip yang kemudian menjadi terkenal, yaitu Intel 4004 pada akhir tahun 70an. Dan mer­eka berdua melihat potensi dengan chip tersebut. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat produk elektronik dengan chip tersebut.

Kemudian mereka ber­dua patungan untuk mem­buat perusahaan yang berfokus pada elektronik portable. Perusahaan pertama mereka diisi hanya dengan 40 orang dengan modal 40ribu do­lar. Karena background mereka adalah game, pengembangan produk elektronik mereka adalah game console. Mereka mengembangkan game Pong buatan Allan. Pong sekarang menjadi legend di game con­sole yang di Indonesia ban­yak yang menyebut “ding dong”.

BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

Bukan Uang

Wong pada setiap kali kesempatan wawancara selalu mengatakan, berbis­nis itu bukan mencari uang. Ketika piki­ran Anda sudah terpatrik untuk mencari uang, itu akan menghambat Anda dalam mengembangkan bisnis atau produk Anda.

BACA JUGA :  Lontong Tetap Segar dan Awet Hingga 2 Hari, Ini Dia Rahasianya

“Anda tidak bisa memasuki dunia bisnis untuk mencari uang. Anda harus mencin­tai bisnis Anda tersebut dan Anda harus mempunyai passion. Kemudian Anda ha­rus mempunyai keinginan untuk membuat masyarakat puas. Dan uang akan datang dengan sendirinya.”

Wong juga mengatakan, bahwa kesuk­sesan bisnisnya karena inovasi yang di­berikan kepada masyarakat. Tidak jarang perusahaannya turun langsung melakukan riset, sebenarnya produk apa yang dicari dimasyarakat. Sekarang VTech mempun­yai 20ribu karyawan dan mempunyai jang­kauan sampai 20 negara di seluruh dunia. (STP)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================