Untitled-8Bau mulut yang tak sedap disaat puasa memang terkadang sangat mempen­garuhi aktivitas keseharian.

Bahkan, bisa membuat orang lain yang menjadi tidak nyaman ketika berinteraksi dengan kita. Dan akibatnya, kita menjadi tidak percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Saat puasa, banyak orang yang mengeluh tentang bau mulut yang tak sedap. Bau mulut memang bukanlah masalah penting, tapi ternya­ta banyak yang masih merasa frustasi karenanya.

Perlu beberapa Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa yang mungkin bisa membantu kamu mengata­sinya, dan kamu bisa kembali percaya diri untuk melaku­kan berbagai aktivitas selama bulan suci Ramadhan.

Baca Juga :  Pria di Bogor Diduga Setubuhi Tetangga yang Keterbelakangan Mental

TIPS MENCEGAH BAU MULUT

1. Jaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka. Jan­gan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur.

2. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk mem­bersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

3. Minum air putih seban­yak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur.

4. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur. Beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka, bangkuang meru­pakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

5. Hindari untuk merokok. Dimana rokok memperburuk kebersihan mu­lut selain itu rokok sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Baca Juga :  Diduga Cekcok dengan Rekan, Telinga Pemuda di Gorontalo Digigit Sampai Putus

6. Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa segera kon­trol kepada dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

7. Hindari makanan yang berorama tajam antara lain bawang, petai, jeng­kol serta durian.

8. Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti coklat, es krim, biskuit dan kue basah lainya. Jika memang tetap ingin mengonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang lama.

(Imam/net)