WASHINGTON TODAY – Keputusan miliard­er ternama Donald Trump untuk maju dalam pencalonan Presiden Amerika Serikat dalam pemilu tahun 2016, menyedot perhatian me­dia. Bersama Trump, ada 11 kandidat lainnya dari Partai Republik yang telah mengumum­kan pencalonannya.

Untuk pemilu 2016 mendatang, Presiden Barack Obama dari Partai Demokrat yang su­dah menjabat selama dua periode, memang tidak bisa mencalonkan diri lagi. Kandidat dari Partai Republik pun seolah beramai-ra­mai mencalonkan diri.

Hingga kini sudah ada 12 kandidat resmi yang mengumumkan pencalonannya. Na­mun nantinya, hanya 10 kandidat teratas yang berhak ikut dalam debat pertama untuk menentukan capres utama Partai Republik. Debat akan digelar bertahap, dan yang per­tama dijadwalkan digelar pada Agustus men­datang.

Para kandidat dari Republik pun berlomba-lomba untuk menjadi yang teratas. Demikian daftar nama kandidat Partai Republik yang resmi mencalonkan diri, seperti dilansir Reuters, Rabu (17/6/2016):

JEB BUSH

Baca Juga :  Kerap Diejek Berkulit Hitam, Istri Nekat Potong Kelamin Suaminya

Jeb Bush (62) yang mantan Gu­bernur Florida ini merupakan adik dari mantan Presiden AS, George W Bush. Bush akhirnya mengu­mumkan pencalonannya setelah berulang kali disebut-sebut media akan maju dalam pemilu 2016.

BEN CARSON

Ben Carson (63) merupakan seorang dokter ahli bedah saraf yang sudah pensiun. Sosoknya menjadi favorit bagi aktivis konserva­tif di kalangan Republik, meskipun masih tergolong orang baru dalam dunia politik.

TED CRUZ

Ted Cruz (44) yang seorang Sena­tor AS untuk wilayah Texas ini, menjadi kandidat favorit bagi kalangan Tea Party yang berperan besar dalam Partai Republik. Sosok Cruz meru­pakan orang yang bertanggung jawab atas penutupan pemerintah AS pada Oktober 2013 lalu. Lulusan Harvard ini merupakan anak seorang imigran asal Kuba.

CARLY FIORINA

Carly Fiorina (60) merupakan salah satu pengusaha wanita paling berpengaruh di AS. Mantan CEO Hewlett-Packard Co ini memposisikan dirinya sebagai ‘orang luar’ dengan pengalaman korporasinya. Dia pernah maju dalam pen­calonan Senat AS namun gagal. Fiorina juga pernah mengkritik kandidat wanita lainnya, Hillary Clinton dari Partai Demokrat.

Baca Juga :  Wow, Wanita Ini Bertahan Hidup Hanya Dengan Mengonsumsi Air

LINDSEY GRAHAM

Lindsey Graham (59) yang meru­pakan Senator AS senior untuk wilayah South Carolina ini dike­nal sebagai sekutu dekat John Mc­Cain. Dalam kampanyenya, Graham banyak menyinggung isu keamanan dan pernah mengkritik kebijakan luar negeri Presiden Obama.

MIKE HUCKABEE

Mike Huckabee (59) yang mantan Gubernur Arkansas ini, pernah mencalonkan diri pada pemilu tahun 2008 lalu. Kali ini, Huckabee cukup mendapat banyak dukungan dengan men­empati posisi atas dalam beberapa polling, bahkan cenderung mengekor Jeb Bush. Dalam kampanyenya, Huckabee kerap menyerukan soal pemulihan ekonomi.

GEORGE PATAKI