George Pataki (69) pernah menja­bat Gubernur New York, jabatan yang biasa dijabat oleh politikus Demokrat di AS. Dia dianggap sebagai sosok yang cukup moderat bagi kalangan konser­vatif Republik. Meskipun sudah tidak men­jabat sejak tahun 2006 dan namanya kurang dikenal, Pataki menyebut kepemimpinan­nya selama tragedi 11 September 2001 memberinya visi yang kuat untuk memer­angi ISIS.

RAND PAUL

Nama Rand Paul (52) tidak bisa dilepaskan dari ayahnya, Ron Paul, yang mantan anggota par­lemen Republik. Rand Paul yang kini men­jadi Senator AS untuk wilayah Kentucky ini mengikuti jejak ayahnya dalam pencalonan Presiden AS. Paul menyebut dirinya seb­agai reformis, yang bisa memenangkan suara kaum muda dan minoritas.

RICK PERRY

Rick Perry (65) yang tercatat se­bagai Gubernur Texas terlama dalam sejarah ini, pernah men­calonkan diri dalam pemilu tahun 2012 lalu. Namun dalam debat, dia tampil memalukan karena melupakan nama lem­baga pemerintah yang berniat dihapusnya. Namun kali ini, Perry banyak melakukan persiapan dan gencar mempromosikan pembangunan ekonomi di wilayahnya.

MARCO RUBIO

Marco Rubio (44) menjadi salah satu kandidat populer di kalan­gan Republik dan disebut sebagai ‘pilihan semua generasi’. Rubio yang anak imigran Kuba ini menjabat Senator untuk wilayah Florida. Nama Rubio mu­lai mencuat pada tahun 2010 ketika dia terpilih menjadi Senat AS. Kini dia tengah berjuang keras meningkatkan hubungan­nya dengan kalangan konservatif Republik, setelah gagal mendorong reformasi imi­grasi secara menyeluruh pada tahun 2013.

RICK SANTORUM

Nama Rick Santorum (57) muncul sebagai kandidat favorit kalangan Kristen pada Partai Republik. Santorum pernah menjadi Senator untuk wilayah Pennsylva­nia dan aktif berkampanye untuk pemilu sela pada tahun 2014 lalu. Dalam pencalo­nannya, Santorum menyebut isu ekonomi seagai fokus. Dia berjanji akan meningkat­kan kesejahteraan warga kelas menengah.

DONALD TRUMP

Donald Trump (68) banyak dike­nal sebagai miliarder ternama AS, pengusaha properti, dan bin­tang televisi. Trump merupakan kandidat terbaru yang mengumum­kan pencalonannya, dengan slogan ‘Make America Great Again’. Tampil di depan me­dia pada Selasa (16/6), Trump tampil per­caya diri dalam mengungkapkan visi serta misinya sebagai kandidat capres AS. Dia juga mengklaim kekayaannya mencapai US$ 9 miliar (Rp 120 triliun).

“Saya benar-benar kaya,” ucapnya seperti dilansir Washington Post.

“Hari ini, saya menyatakan diri sebagai kandidat pesiden. … Saya akan menjadi presiden terhebat yang pernah Tuhan cip­takan,” tandas Trump.

((Yuska Apitya/net))

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================