JAKARTA TODAY – Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan pe­nukaran uang, bisa mendatangi layanan penukaran uang yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI) di Lapangan Leng­gang Jakarta, Kawasan Monas. Layanan penukaran uang ini diselenggarakan mu­lai dari tanggal 17 Juni 2015 sampai den­gan 15 Juli 2015.

Sedangkan layanan penukaran uang oleh perbankan dimulai pada 22 Juni 2015 sampai dengan tanggal 24 Juni 2015. Layanan penukaran uang oleh perban­kan ini telah diikuti oleh empat bank yai­tu Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Internasional Indonesia (BII), Bank Sya­riah Mandiri (BSM) dan juga CIMB Niaga.

Deputi Direktur Departemen Pen­gelolaan Uang, Yudi Harymukti men­gungkapkan, realisasi penukaran uang mulai dari 17 Juni 2015 sampai dengan 24 Juni 2015 atau selama enam hari kerja, telah mencapai Rp 3,1 miliar dengan to­tal jumlah penukar sejumlah 1.199 orang.

Sedangkan berdasarkan pecahan, secara nominal pecahan tertinggi yang ditukarkan oleh masyarakat adalah Rp 20.000. Pecahan ini mencapai 36% dari total uang yang ditukarkan masyarakat. Sedangkan berdasarkan jumlah lembar atau keping, penukaran uang tertinggi adalah pecahan Rp 2.000 yang menca­pai 31% dari total uang yang ditukarkan masyarakat. Pecahan uang ini diikuti Rp 5.000 yang mencapai 30% dari keseluru­han uang yang ditukarkan masyarakat.

Baca Juga :  Mayat yang Ditemukan Mengambang di Sungai Krueng Diketahui Identitasnya

Yudi menambahkan, untuk keg­iatan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( Jabodetabek), dilakukan bekerja sama dengan 11 bank pada 81 titik lokasi kantor cabang bank.

Ada pun 11 bank yang bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk kantor kas penukaran uang adalah Bank Cen­tral Asia (BCA) di empat lokasi kantor cabang, Bank Internasional Indonesia (BII) di 10 kantor cabang, Bank Jabar dan Banten (BJB) di sembilan kantor cabang, Bank Negara Indonesia (BNI) di tujuh kantor cabang, Bank Tabungan Negara (BTN) di 10 kantor cabang, CIMB Niaga di 10 kantor cabang, Bank DKI di lima kantor cabang, Bank Mandiri di enam kantor cabang, Panin Bank di lima kan­tor cabang dan Permata Bank di delapan kantor cabang.

Di wilayah DKI Jakarta, penukaran uang dilayani oleh 62 kantor bank. Titik lokasi penukaran uang terbanyak adalah di wilayah Jakarta Pusat yang mencapai 23 titik, diikuti oleh Jakarta Selatan se­banyak 13 titik dan Jakarta Timur seban­yak 11 titik. Sedangkan untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), dilayani oleh 19 kantor bank.

Baca Juga :  8 Tol Baru Akan Siap Beroperasi Pada Natal dan Tahun Baru 2022

“Layanan kas keliling dilakukan di dalam kota dengan menggunakan lima unit mobil per hari. Ini jauh lebih ban­yak dibandingkan hari biasa yang han­ya sebanyak satu unit mobil per hari. Sedangkan di luar kota yang bersifat wholesale dan retail untuk perbankan dan masyarakat di wilayah kerja kantor perwakilan Provinsi Banten,” kata Yudi.

Layanan penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan oleh Bank Indone­sia, bekerjasama dengan PT KAI pada lima stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen, Cikini, Gambir, Tanah Abang dan Jatin­egara. Plafon yang diberikan untuk pe­nukaran uang yang diberikan sebesar Rp 455 juta untuk lima stasiun tersebut.

“Layanan penukaran kolektif dilaku­kan secara bergiliran, baik bagi instansi pemerintah maupun lembaga negara serta instansi-instansi yang memberikan layanan publik,” jelas Yudi.

(Yuska Apitya/net)