Untitled-6Mata adalah organ yang sangat berharga. Oleh karena itu, kesehatan mata juga harus mendapatkan perhatian yang lebih pula. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan memaksimalkan fungsi penglihatan anda.

Oleh : RIFKY SETIADI
Email: [email protected]

Melakukan tes mata se­cara reguler merupakan cara terbaik untuk men­goptimalkan kesehatan mata anda. Dan sebagai tambahan, beberapa tips berikut ini dapat membantu anda untuk menjaga agar mata anda tetap sehat:

Istirahatkan Mata

Memandang layar komputer (atau­pun layar digital lainnya) tidak buruk bagi mata. Namun memandangnya ter­lalu lama akan membuat mata lelah, kering, gangguan fokus, hingga sakit kepala. Begitu juga halnya ketika mata berfokus pada sesuatu dalam waktu yang lama.

Dianjurkan untuk sering menge­dipkan mata agar permukaannya tetap terhidrasi, serta jalankan aturan 20/20: yang artinya setiap 20 menit melihat layar komputer, alihkan pan­dangan dari layar setidaknya 20 detik. Lihatlah sesuatu di luar jendela atau sesuatu yang jauh untuk membuat mata mempertahankan kemampuan fokusnya.

Selain itu, pastikan jarak mata den­gan layar komputer setidaknya 30 cm. Ini juga berlaku ketika anda membaca buku.

Gunakan Kacamata

Kacamata tidak hanya sekedar akse­soris untuk fashion, namun juga sangat penting untuk perlindungan mata dari bahaya sinar ultraviolet (uv). Ya, seba­gaimana pada kulit, sinar uv juga tidak baik bagi mata. Paparan sinar uv yang berlebihan bagi mata bisa menyebab­kan katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga :  7 Penyebab Sering Menguap, Bukan Cuma Mengantuk!

Saat membeli kacamata, pilihlah yang dapat mem-blok 90% – 100% kedua sinar UV-A dan UV-B. Jika ke­luar ruangan di siang hari, gunakanlah kacamata tersebut. Topi juga bisa digu­nakan sebagai proteksi tambahan.

Kebersihan Lensa Kontak

Untuk mencegah infeksi, selalu ber­sihkan tangan sebelum menyentuh, memasang, dan melepas lensa kontak anda. Gunakan metode pembersihan lensa kontak yang dianjurkan, serta gantilah lensa anda setiap 2-3 bulan.

Jangan Merokok

Berbagai studi menunjukkan bahwa merokok dapat merusak jaringan pem­buluh darah, termasuk jaringan yang ada di mata dan di sekitar mata anda. Merokok juga dikaitkan dengan berba­gai gangguan pada mata seperti degen­erasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya bisa men­garah pada kebutaan.

Makanan untuk Kesehatan Mata

Salah satu cara melindungi mata dari dalam secara alami adalah melalui diet/pola makan sehari-hari. Sebagai bagian dari pola makan anda, sisipkan buah dan sayuran, serta makanan-ma­kanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, omega-3, lutein dan juga zinc. Lebih jauh, baca juga makanan untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga :  Ingin Menaikan Berat Badan? Ini Dia 7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi

Makanan yang tepat dapat mem­bantu anda menjaga mata dari ganggu­an seperti degenerasi makula terkait usia, dan melindungi mata dari berba­gai gangguan mata ringan. Selain hal yang bisa dilakukan di atas, anda juga bisa lakukan hal-hal lain untuk men­goptimalkan kesehatan mata anda:

Pencahayaan yang cukup. Selalu gunakan pencahayaan yang sesuai un­tuk setiap kegiatan anda, misalnya saat membaca. Cahaya yang kurang mema­dai membuat mata bekerja ekstra dan membuatnya cepat lelah dan perih.

Jangan sentuh mata. Kuman dan bakteri sangat mudah masuk ke tubuh melalui mata, hidung dan mulut. Un­tuk itu jangan menyentuh mata anda, apalagi menguceknya. Jika mata terasa gatal, merah, atau perih, bilaslah mata dengan air bersih atau gunakan tetes mata.

Jangan biarkan mata kering. Ketika mata terlalu fokus pada sesuatu, atau ketika anda menatap layar komputer, atau ketika membaca, perbanyak frek­uensi kedipan mata anda agar mata tidak kering. (*)