Untitled-6KEHADIRAN buah hati dalam keluarga perlu diiringi dengan penataan ulang rumah agar layak dan aman ditinggali ber­sama anak. Sebab, semakin anak besar dan memasuki masa balita, ketertarikannya untuk bereksplorasi dengan lingkungannya akan semakin tinggi. Jangan sampai kegiatan eksplorasi dan bermain anak di rumah malah mendatangkan bahaya untuknya.

Nah, bagi Anda yang memi­liki anak, tentu ingin memas­tikan mereka aman berada di rumah. America Cleaning In­stitute (ACI) memberikan tips untuk membuat rumah Anda aman bagi anak-anak.

  1. Perhatikan saat berada di air

Awasi anak-anak saat mere­ka berenang atau bermain di sekitar air. Perhatikan juga saat anak-anak di dalam bak mandi. Ajarkan mereka untuk berenang dan tentang peratu­ran keselamatan air atau kolam renang.

  1. Jauhkan dari produk pem­bersih

Simpan paket deterjen cair dan pembersih rumah tangga jauh dari anak-anak. Pastikan benda-benda ini tidak terjang­kau dan atau terlihat mereka. Bisa berbahaya jika cairan ini tertelan atau masuk ke mata.

  1. Hindari bahaya terpeleset

Di daerah-daerah yang licin, misalnya kamar mandi, terda­pat potensi anak terpeleset. Gunakan tikar anti selip yang bisa mencegah hal tersebut terjadi.