GULATJAKARTA, Today - Indonesia ber­peluang memiliki atlet naturalisasi lagi. Tapi, bukan di cabang sepak bola, melainkan di cabang gulat.

Salah satu istri pegulat Indone­sia, ada yang berasal dari Ruma­nia dan saat ini sedang berusaha meraih status WNI-nya.

Nastrusnicu Roxana Andrea, demikian nama lengkap perem­puan yang sedang berusaha di­naturalisasi untuk masuk tim PON Kalsel. Roxana sendiri saat ini su­dah menjadi muallaf dan berganti nama menjadi Rahma Sofia.

Lalu bagaimana awal mula Rahma hingga memutuskan un­tuk menjadi WNI? Berdasarkan informasi yang diperoleh, hal itu berawal dari cinlok yang dialamo Rahma dengan pegulat Indonesia, Indra Satria Prakarsa.

Saat itu Rahma masih menjadi sparring partner gulat Indonesia. Hingga akhirnya mereka memutus­kan untuk menikah pada 2013 lalu.

Karena kondisi kebetulan itu­lah, terlebih performa Rahma begi­tu luar biasa, naturalisasi diyakini akan lebih mudah.

“Kami tidak mencari atlet un­tuk dinaturalisasi, tapi ini ada kondisi yang kebetulan. Karena su­dah dapat suami orang Indonesia, dia ingin menjadi WNI dan mem­bela tim gulat Indonesia,” tutur Zulhaidir, pelatih gulat Indonesia.

Proses naturalisasi saat ini se­dang berlangsung. Proses tersebut akan masuk ke persetujuan Pres­iden, setelah sebelumnya meminta rekomendasi ke Menpora Imam Nahrawi dan Komisi III DPR RI.

(Imam/net)