15dki5aBISNIS memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat, yang dilakukan mulai dari skala paling rendah hingga paling tinggi. Bahkan banyak artis yang telah mengin­vestasikan penghasilannya di dunia entertainment untuk memulai bisnis. Hal ini juga berlaku untuk finalis Putri Indonesia, Stephanie Yoe.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Setelah mer­ambah dunia kontes kecantikan, akhirnya Stephanie fokus pada bisnis barunya yang diberi nama Trulia. Bisnis ini adalah bentuk terobosan baru di bidang prop­erti, yang tujuan uta­manya mempermudah user melakukan pencar­ian dan transaksi yang ber­hubungan dengan properti.

“Jadi trulia bergerak di bi­dang property technology, di mana kita bisa menciptakan efisiensi waktu. Bagaimana kita menggunakan teknologi untuk menciptakan efisiensi. Trulia sendiri adalah platform yang mi­rip seperti yang ada di Amerika. Ada banyak layanan di dalam­nya,” ungkap Stephanie.

Baca Juga :  Angka Pernikahan di Kabupaten Bogor Mengalami Penurunan, Ini Sebabnya 

Meski demikian, dia men­gakui bahwa ada kesulitan yang dijalaninya untuk menjalankan Trulia. Dia membutuhkan tim yang kuat dan solid, namun ternyata hal itu tak mudah di­lakukan di Indonesia. Banyak aspek yang ha­rus dinilai saat mencari orang untuk dijadikan partner.

“Masalahnya, kita sempat kesulitan men­emukan orang yang tepat untuk ditempatkan dalam tim. Karena bisnis butuh tim yang te­pat, dan menemukannya sangat sulit karena di indonesia juga susah mencari orang yang kita inginkan. Jadi kalau benar-benar mau mencari orang di sini, ya kadang mikir bagaimana,” lan­jutnya.

Baca Juga :  Kadispora Kabupaten Bogor Apresiasi Blended Exhibition Pemuda Berdaya

Namun kesulitan ternyata justru berbuah manis karena dia menemukan solusi atas masalahnya tersebut. Dia menemukan penyedia jasa bernama Seekmi yang secara tidak langsung mem­permudah promosi Trulia. “Aku menemukan Seekmi, sangat mu­dah digunakan, user-friendly, cu­kup murah dengan kualitas yang begitu bagus. Saya suka sekali menggunakan website ini, dan benar-benar bisa dipercaya,” lan­jutnya.

Seekmi sendiri saat ini di­jalankan oleh Chief Executive Officer (CEO) bernama Nayoko Wicaksono, dan didirikan ber­sama Clarissa Leung dan Wilson Yanaprasetya. Website ini bertin­dak menjadi makcomblang yang menghubungkan berbagai jasa dengan klien, sepertiStephanie Yoe dengan kliennya.

(BINTANG)