MotoGP-2015-Jerez-Day1-Marc-MarquezMarc Marquez dan Dani Pe­drosa berhasil melanjutkan dominasi Repsol Honda saat membalap di Sirkuit Sachsenring, Minggu (12/7/2015). Marc Marquez keluar seb­agai pemenang setelah melahap 30 lap dengan catatan waktu 41 menit 01,08 detik. Sementara Pedrosa berhasil menduduki posisi kedua dan kombinasi ini persis seperti yang ditorehkan keduanya pada musim 2013 dan 2014. Itu be­rarti, sejak musim 2010 hingga 2015, Honda selalu meraih po­dium pertama.

Pada 2010 hingga 2012, The Little Spaniard -julukan Pedro­sa- yang keluar sebagai kampiun, sementara di tiga edisi terakhir, Baby Alien –julukan Marquez– menjadi yang tercepat. Selain itu, Marquez juga menorehkan prestasi memukau.

Sejak turun di kelas 125cc pada 2010 hingga sekarang mentas di MotoGP, Mar­quez berturut-turut selalu meraih kemenangan di sirkuit yang memiliki panjang 3,67 kilometer tersebut. kembali ke hasil balapan, Val­entino Rossi yang memulai bala­pan dari p o s i s i keenam sanggup finis di t a n g g a ketiga.

Baca Juga :  Berikut Tim Negara Yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia

Jorge Lorenzo yang sempat unggul di empat lap awal, harus puas mengakhiri balapan di po­sisi keempat. Dengan hasil ini, Rossi belum tergoyahkan di pun­cak klasemen dengan raihan 179 poin, disusul Lorenzo ditangga kedua terpaut 13 angka. Semen­tara Marquez masih tertahan di posisi keempat dengan poin 114.

Indikasi positif Marquez di Sachsenring pada pekan bala­pan kali ini sudah diperlihatkan sedari latihan, dengan tiga sesi yang ada semuanya berhasil ia lewati sebagai pebalap dengan waktu tercepat.

Baca Juga :  Kylian Mbape Dikabarkan Mengalami Cidera Pergelangan Kaki

“Sedari awal aku merasa enak dan kemudian usai me­mimpin aku berusaha untuk mempertahankan keung­gulan tersebut,” kata Mar­quez seperti dikutip Reuters. “Aku gembira karena pekan ini kami senantiasa ada di posisi pertama dan sudah lama sejak aku berhasil melakukannya,” lanjutnya.

Dengan Dani Pedrosa finis di belakang Marquez, Repsol Hon­da pun menempati dua posisi terdepan dalam balapan. Inilah kali pertama tim pabrikan terse­but melakukanya di 2015.

Hasil di Sachsenring turut menjadi kemenangan kedua Marquez musim ini, setelah se­belumnya berjaya di Austin. Ini juga memperpanjang rentetan kemenangannya di Sachsenring ia selalu naik podium teratas di Jerman sejak 2010, pada kelas yang berbeda-beda.

(Imam/net)