powerful1-(1)-oleAsia saat ini menjadi tempat kelahiran miliuner baru. Bahkan banyak miliuner muda yang lahir di benua ini. Ada 10 orang muda terkaya di Asia dengan umur antara 18-34 tahun. Anak muda kaya ini lahir antaratahun 1981-1997.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Tak mengejutkan, asal orang muda terkaya di Asia didominasi oleh China. Beberapa orang muda ini bisa kaya dari usaha sendiri, dan ada yang berasal dari kekayaan orangtuanya. Berikut daf­tarnya bagian pertama seperti dilansir dari CNBC, Rabu, (22/7/2015).

  1. Zhu Yufeng

Pemuda berumur 34 tahun asal Hong Kong ini, me­miliki kekayaan US$ 660 juta, atau sekitar Rp 8,5 triliun. Zhu merupakan pemiliki dari Asia Pacific Energy Fund, sebuah perusahaan pemegang saham mayoritas di GCL-Poly Energy Holdings yang didirikan ayahnya pada 1996.

GCL-Poly Energy merupakan produsen polysilicon dan lempengan yang digunakan untuk panel surya terbe­sar di dunia.

  1. Zhang Kangli

Pria berumur 34 tahun asal China ini memiliki kekay­aan US$ 710 juta, atau sekitar Rp 9,2 triliun. Zhang meru­pakan anak dari Zhang Guiping, pemilik Suning Universal, perusahaan real estate besar di China.

Baca Juga :  Pemkot Bogor Luluskan 2.400 Wisudawan Bogor Mengaji Angkatan II

Sekarang, Zhang menjabat general manager di Suning. Pria ini merupakan lulusan Universitas Toronto di bidang ekonomi dan manajemen sumber daya manusia.

  1. John Paul Joy Alukkas

Termuda di daftar tersebut, Alukkas merupakan pemuda asal India berumur 29 tahun. Harta kekayaannya US$ 820 juta atau sekitar Rp 10,6 triliun. Dia merupakan anak dari Joy Alukkas, pemilik toko penjual perhiasan, Joyalukkas Group, yang memiliki 95 outlet di 10 negara.

Selain termuda, Alukkas juga satu-satunya orang kaya muda di Asia yang tidak berasal dari China. Anak tertua dari 3 bersaudara, John Alukkas memiliki kampung hala­man di Kerala, wilayah selatan India. Namun dia tumbuh di Uni Emirat Arab.

Ayah Alukkas berencana pensiun tahun ini, dan akan mengalihkan 70% bisnisnya ke anak tertuanya. John Aluk­kas akan menggantikan posisi ayahnya.

  1. Yan Wu

Perempuan berusia 34 tahun asal China ini, memiliki kekayaan US$ 860 juta, atau sekitar Rp 11,1 triliun. Wu menjadi 1 dari 3 perempuan dalam daftar tersebut. Dia menjabat sebagai Chairman dari Hakim Information Tech­nology yang berbasis di Hangzhou. Perusahaan ini beker­ja mengembangkan teknologi smart city. Wu menjadi mili­uner terkaya mulai awal tahun ini, setelah saham Hakim naik, dan nilai perusahaannya menjadi US$ 1,1 miliar.

  1. Leo Chen
Baca Juga :  Longsor Terjang Kawasan Puncak-Cianjur, Jalur Lalu Lintas Ditutup Sementara  

Leo Chen adalah pria asal China berumur 32 tahun, tapi kekayaan bersihnya sudah mencapai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun. Chen adalah CEO dari Jumei International Holding, perusahaan ritel kosmetik online. Kekayaannya menanjak, saat perusahaannya Jumei mel­antai di bursa New York tahun lalu, dia juga pendiri Gare­na, salah satu platform game online.

Saham Jumei naik 43 persen sejak Januari 2015. Pria ini dijuluki Mark Zuckeberg-nya China. Dia mulai mengem­bangkan software sejak kuliah di Nanyang Technological University di Singapura. Di 2008 dia juga memperoleh gelar MBA dari sekolah bisnis Stanford di Amerika Serikat (AS).