2076-basket-ball1Masih minimnya jumlah wasit yang dimiliki oleh Perbasi Kota Bo­gor mendorong Bidang Pembinaan Prestasi dan Sumber Daya Manusia mengge­lar Penataran Wasit Lisensi C.

Wasit bola basket nasional, Rizki Risnandi mengatakan bahwa kegiatan Penataran Wasit Lisensi C tersebut bakal dipusat­kan di Sekretariat Perbasi Kota Bogor, Jalan Ciwaringin I Nomor 9. ”Kami juga baru saja menyele­saikan turnamen Perbasi Cup,” katanya kepada BOGOR TODAY, Selasa (28/7/2015).

Penataran tersebut sedianya bakal digelar Senin – Kamis (3- 6/8/2015). ”Kami berharap pe­nataran wasit lisensi C ini dapat segera menjadi solusi terhadap kebutuhan jumlah personel Per­wasitan di Kota Bogor saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Rizki, mengacu pada database saat ini, jumlah personel wasit bolabas­ket yang ada terdata sebanyak 10 orang. “Namun dikarenakan sebagian memiliki aktivitas dan profesi lain di luar bola basket, ketersediaan mereka saat dige­lar event atau kompetisi bola­basket kadang menjadi kendala tersendiri,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, berkaca pada berlangsungnya dua event bola basket terakhir, dimana ma­sih perlu dibantu oleh wasit-wa­sit dari luar Kota Bogor. “Semo­ga dari kegiatan penataran ini nantinya dapat menghasilkan sejumlah wasit bolabasket baru yang siap berkiprah untuk me­mimpin berbagai pertandingan bola basket di Kota Bogor,” ha­rapnya.

Terpisah, untuk menjaga kinerja serta kualitas perwasi­tan yang dihasilkan nantinya, Pengcab Perbasi Kota Bogor juga sudah menetapkan kriteria atau persyaratan bagi para calon wasit yang akan mendaftar un­tuk mengikuti kegiatan ini. Be­berapa hal diantaranya adalah menyukai dan memahami per­mainan bola basket, serta sudah berusia di atas 18 tahun.

Sementara itu, kesuksesan dari penyelenggaraan kegiatan penataran wasit ini tentunya juga akan menunjang pada pen­ingkatan berbagai aspek yang terkait dengan pengembangan olahraga bola basket di masa mendatang.

“Apabila penataran ini ber­hasil menelurkan SDM-SDM wa­sit yang berkualitas, tentu event atau kompetisi bola basket yang berjalan juga akan semakin ter­jaga dan meningkat mutu-nya. Terkait dengan hal itu, tentu saja performa dan kualitas atlet bas­ket Kota Bogor yang lahir dari kompetsi kita juga akan sema­kin baik levelnya,” ujar Ketua-I Pengcab Perbasi Kota Bogor, So­pian Ali Agam.

Sehingga, kata dia, pihaknya juga mengharapkan dukungan dari berbagai pihak dalam upa­ya untuk terus meningkatkan prestasi dan juga pembinaan generasi muda pada umumnya, melalui cabang olahraga bola basket.

“Seperti pada Kompetisi Per­basi Cup-I yang baru lalu, pada penyelenggaraan Penataran Wa­sit kali ini PERBASI pun akan sangat terbuka terhadap berb­agai support dari para pengusa­ha serta segenap insan olahraga lainnya,” pungkasnya. (*)

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]