IMG_20150804_115746BOGOR TODAY – Dinas Lalu Lintas Dan An­gkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor kembali melakukan giat operasi rutin di Jalan Seme­ru dan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Selasa (04/08/15). Petugas ber­hasil menemukan sopir angkot tidak mem­bawa kelengkapan surat dan dibawah umur.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pen­ertiban (Daltib) DLLAJ Kota Bogor, Empar Suparta menjelaskan, Operasi gabungan ini melibatkan Polisi Militer, Petugas Ke­polisian Sektor (Polsek) Bogor Barat dan DLLAJ. “Operasi ini rutin dilakukan setiap harinya untuk menertibkan kendaraan roda empat khususnya angkot dan mobil muatan barang di Kota Bogor,” ujarnya.

BACA JUGA :  Hilangkan Kerutan dan Wajah Kendur, Wajah Kencang Bebas Noda Hitam Hanya dengan Jeruk Nipis, Ini Dia Caranya

Empar kembali menegaskan, bahwa operasi kendaraan ini dilakukan agar para pengemudi bisa lebih tertib dengan me­lengkapi surat-surat kendaraan dan harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). “Saat ini ada 50 kendaraan muatan dan angkot yang tidak melengkapi surat dan tidak melaku­kan uji KIR,” tandasnya.

Lanjutnya, dalam pemeriksaan keteran­gan surat-surat yang tidak lengkap langsung sidang di tempat, bah­kan sampai ada penge­mudi angkot di bawah umur bernama Ahmad Fauzi (11) warga Cimah­par, yang kedapatan mengemudi angkot rute Parung – Merdeka (06) tidak membawa surat-surat kendaraan.

BACA JUGA :  Soto Ayam Semarang, dengan Kelezatan yang Bikin Ketagihan untuk Menu Makan Barrng Keluarga

“Kita langsung sita kendaraannya dan saat dimintai keterangan si anak kecil terse­but menangis karena tidak bisa menunjuk­kan surat kendaraan,” pungkasnya.

Empar menambahkan, bagi yang mel­anggar dan tidak memilki surat-surat leng­kap, akan ditilang juga diharuskan untuk melengkapi surat-suratnya dan surat KIR ini tentu sangat penting untuk menilai ke­layakan jalan kendaraan roda empat atau­pun lebih.

“Dengan memiliki surat KIR, maka kendaraannya berstatus layak jalan. Ken­daraan yang memiliki surat KIR memiliki tingkat risiko kecelakaan lebih rendah dari­pada yang tidak memiliki surat tersebut,” tuntasnya.

(Rizky Dewantara)

============================================================
============================================================
============================================================