FC-Barcelona-2015-2016-ProRendersFutboleros-Autor.-Marcos-PérezLINI belakang yang tidak meyakinkan jadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan Barcelona jelang bergulirnya kompetisi. Blaugrana punya kesempatan untuk memperbaikinya di ujicoba pramusim terakhir menghadapi AS Roma

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Setelah menuntaskan musim lalu dengan meraih tiga gelar juara, Barcelona men­jalani serangkaian uji coba pramusim yang kurang memuaskan. Dari empat pertand­ingan yang digelar cuma satu kemenan­gan diraih, sementara tiga laga lainnya mem­buat mereka jadi pihak yang kalah.

Usai kalah dari Fiorentina di pertandingan terakhirnya, Luis Enrique menyebut kalau masalah terbesar mereka di musim panas ini adalah lini belakang. Barisan pertahan­an mereka memang bermasalah karena ada delapan gol bersarang di gawang mereka di empat laga.

Itu artinya rata-rata Barcelona kemasukan dua gol per pertandin­gan. Angka tersebut jauh di atas rata-rata kemasukan Barca dalam beberapa musim terakhir. Di La Liga 2014/2015 Barca rata-rata cuma kebobolan 0,5 gol per 90 menit, kondisi serupa terjadi di musim sebelumnya dengan rata-rata gol per laga adalah 0,55.

Baca Juga :  Mengintip Fasilitas Stadion Al Bayt Qatar yang Digunakan Sebagai Ajang Piala Dunia 2022

Barca terlihat sangat le­mah dalam mengantisipasi bola-bola yang melambung ke jantung pertahanannya. Pada­hal di musim lalu mereka san­gat menguasai kawasan udara di atas kotak penaltinya. Ab­sennya Javier Mascherano dan Dani Alves diyakini ikut berkontribusi pada rentannya pertahanan Barca.

“Hal terbaiknya adalah pramusim sudah sele­sai dan kompetisi sudah dimulai. Saya tidak suka pramusim, saya tidak pernah menyukai itu. Dalam level kolektif, saya puas dengan pra­musim, tapi ada aspek pertahanan yang harus kami perbaiki. Secara umum, ini pramusim yang luma­yan,” kata Enrique dikutip Sport.

Barcelona punya satu kesempatan lagi di pertandingan pramusim untuk menguji kesiapan lini belakangnya. Kamis (6/8/2015) dinihari nanti mereka akan berhadapan dengan AS Roma di ajang Joan Gamper Trophy. Itu merupak­an laga uji coba terakhir mereka sebelum menghadapi Sevilla di Piala Super Eropa pada 11 Agustus mendatang.

Baca Juga :  Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar

Enrique sudah mengindikasikan kalau dia akan menurunkan komposisi pemain terbaiknya dalam pertandin­gan itu. Termasuk Alves dan Mascherano, serta Lionel Mes­si dan Neymar yang baru kem­bali berlatih pekan lalu setelah libur panjang usai tampil di Copa America.

“Joan Gamper adalah per­tandingan spesial karena itu menyatukan kembali kami dengan suporter. Selalu spe­sial menjalani laga di atmos­fer yang hebat. Selalu terasa hebat bermain di depan fans Anda lagi dan saya harap itu jadi pertandingan yang seru,” pungkasnya.