'BOGOR, TODAY – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan pada 2016 nanti sudah ti­dak ada lagi jalan provinsi di Kabupaten Bo­gor yang bolong-bolong dengan menargetkan pembenahan jalan rampung pada Desember 2015.

Meski begitu, Gubernur Ahmad Heryawan (Aher) berkilah jika masih banyak ruang ja­lan di Bumi Tegar Beriman yang menjadi kewenangan pemprov masih dalam keadaan rusak dan belum diperbaiki.

“Ya secara bertahap terus kami lakukan perbaikan. Beberapa sudah mulai diperbaiki, tapi memang masih ada juga yang belum dik­erjakan. Tapi kan itu yang skalanya kecil,” ujar politi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Jumat (7/8/2015).

Baca Juga :  Viral Oknum Polisi di Bogor Minta Uang ‘damai’ 600 Ribu

Lebih lanjut, Gubernur yang akrab disapa Aher itu mengatakan kerusakan jalan sulit untuk dihindari disetiap wilayah meski per­awatan selalu dilakukan.

“Makanya, jalan diperbaiki dengan cara dibetonisasi supaya tidak gampang rusak lagi,” lanjutnya.

Ia memberi gambaran beberapa ruas ja­lan provinsi di Bumi Tegar Beriman seperti Gunungsindur hingga Parungpanjang sudah mulai dibetonisasi mengingat truk bertonase besar kerap melintasi wilayah tersebut.

“Wilayah Utara itu kan sering dilewati truk-truk dengan muatan besar, makanya disana sudah dibeton supaya awet. Kedepan­nya sih semua jalan juga akan dibeton untuk mengurangi risiko cepat rusak,” lanjutnya.

Baca Juga :  BPBD Kabupaten Bogor Sebut Bojong Koneng Masuk Dalam Wilayah Rawan Rayapan Tanah

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti mengungkapkan jika sebagian jalan rusak yang menjadi kewenangan Pemprov Jabar telah mulai dikerjakan.

“Dari laporan yang saya terima juga saya pantau langsung ke lapangan yang memang sudah diperbaiki,” ujar Yanti.

Mantan Sekda Kabupaten Bogor itu berharap, kerusakan jalan ini akan terus berkurang dengan terus melakukan koordi­nasi dengan pemprov untuk memperbaiki kerusakan jalan.

“Secara bertahap kerusakan jalan akan terus diperbaiki. Tak peduli itu yang menjadi kewenangan provinsi atau kabupaten,” tan­dasnya.

(Rishad Noviansyah)