LONDON TODAY – Temuan bom sisa Perang Dunia II memicu evakuasi 150 orang di London, Inggris. Tim penji­nak bom telah dikerahkan ke lokasi untuk menjinakkan bom yang berusia lebih dari 70 tahun ini.

Bom seberat 250 kilogram ini terkubur tanpa terganggu selama 75 tahun terakhir. Seperti dilansir CNN, Selasa (11/8/2015), bom ini ditemukan oleh pekerja bangunan yang tengah mengerjakan proyek pembangunan di Temple Street di Bethnal Green, London bagian timur pada Senin (10/8/2015) sore.

Dalam pernyataannya, Kementeri­an Pertahanan Inggris meyakini, bom ini dijatuhkan di wilayah London, ketika militer Jerman membombar­dir Inggris pada awal tahun 1940-an silam. Namun saat itu, bom ini tidak meledak.

Baca Juga :  Wow, Wanita Ini Bertahan Hidup Hanya Dengan Mengonsumsi Air

Tim khusus penjinak bom dik­erahkan ke lokasi kejadian untuk memeriksa dan menjinakkan bom tersebut. Hingga Selasa (11/8/2015) pagi, tim penjinak bom tersebut ma­sih ada di lokasi. Sedikitnya 150 warga dievakuasi dari rumah mereka sejak Senin (10/8/2015) malam waktu setem­pat. Otoritas setempat mengisolasi area sekitar temuan bom ini, dengan memberlakukan larangan mendekat sejauh 200 meter dari lokasi. Beber­apa ruas jalan menuju lokasi temuan bom juga ditutup sementara. “Opera­si ini kemungkinan akan berlangsung semalaman. Kami memahami bahwa hal ini akan memicu ketidaknyaman­an bagi warga. Kami mendorong war­ga untuk mencari alternatif tempat tinggal sementara untuk semalam,” tutur juru bicara otoritas setempat.

Baca Juga :  Kerap Diejek Berkulit Hitam, Istri Nekat Potong Kelamin Suaminya

Ribuan bom dijatuhkan ke wilayah London pada masa The Blitz pada September 1940 hingga Mei 1941, ke­tika tentara Nazi Jerman gencar meny­erang Inggris pada era Perang Dunia II. Awal tahun lalu, tim penjinak bom militer dari Royal Logistics Corps ber­hasil menjinakkan bom sisa perang yang ditemukan di area Wembley dan Bermondsey, London.

(Yuska Apitya/net)