1469878_487726868012215_1369780264_nWadah kaca yang biasa dikenal dengan sebutan jar atau toples biasanya sebatas digunakan sebagai tempat untuk menyimpan kue. Bentuknya yang beragam, menyiptakan peluang bisnis anyar di industri kreatif. Omzetnya pun cukup lumayan karena pasarnya cukup luas, selain utnuk aksesoris mempercantik meja, juga bisa unjtuk souvenir ulang tahun, pernikahan bahkan kado.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Ya, kreativitas bisa dituangkan pada ber­bagai media termasuk pada wadah kaca. Belakangan kreasi pada media kaca seperti stoples dan jar makin berkembang seir­ing tren penggunaan botol kaca sebagai wadah makanan, menu dessert atau minuman. Bah­kan, belakangan botol kaca atau jar juga banyak dipe­san sebagai tempat aksesoris hingga sebagai suvenir pernikahan. Bentuknya yang kian beragam dan unik serta bisa dipesan sesuai dengan keinginan konsumen membuat produk ini naik daun.

Aliifah Mahdy, pemilik Lovelyjars by Alf’s Stuff misal­nya, sudah mulai menjalankan usaha ini sejak tahun 2012 silam. Dia mengklaim merek Lovelyjars by Alf’s Stuff ini merupakan merek jar customized pertama di Indonesia.

Fungsi utama Lovelyjars by Alf’s Stuff untuk meny­impan aneka barang sesuai ukurannya masing-mas­ing. Sekarang koleksi Lovelyjars sudah ada 12 ukuran, dari jar ukuran 5 cm hingga 18 cm. Semua stoples kaca langsung di impor dari Amerika Serikat dan Italia. Aliifah yang dibantu 9 karyawanlantas mengkreasi­kan pada tutup stoplesnya dengan membuat hiasan di atasnya dengan aneka bentuk binatang,action figure, huruf, siluet, bunga, dan lain-lain. Agar makin cantik, hiasan tutup dicat atau ditambahkan aneka tulisan di dalam jar dengan media kertas.

Wadah kaca yang paling panjang dipakai sebagai tempat produk riasan wajah, adapun yang paling pendek untuk dipakai untuk tempat gelang. Tapi ti­dak menutup kemungkinan dijadikan tempat makan­an. Proses pembuatan kreasi di satu wadah kaca pal­ing cepat tiga hari. “Kami tidak menentukan minimal pemesanan. Ini yang menjadi kesulitan sekaligus menjadi salah satu keungulan jasa kami,” ujar dia.

Jar yang paling banyak diminati adalah yang ber­warna pastel yang dihiasi dengan bentuk wajah mer­eka, nama, bunga, dan juga menara-menara yang menjadi ikon seperti Eiffel, Big Ben atay menara Pisa. Harga satu stoples kacanya bervariasi mulai dari Rp 69.000 hingga Rp 269.000 per unit. Dengan kapasi­tas produksi per bulan maksimal 7.000 pieces, Aliifah bisa meraup omzet lebih dari Rp 400 juta per bulan.

Suvenir Pernikahan

Pemain lainnya, Biebie Gift juga melihat peluang bisnis dari kreasi botol kaca. Sejak awal tahun 2015 peminat produk ini untuk dijadikan suvenir dan kado meningkat pesat. Albert, si pemilik usaha men­gatakan, permintaan cukup banyak untuk keperluan acara pernikahan dan acara-acara korporasi.

Usaha yang dia mulai pada tahun 2011 ini meneri­ma pesanan alias customized. Ada sekitar 15 macam kreasi yang dia sediakan kepada calon konsumen. “Untuk yang ingin memesan model botol yang khusus minimal pesanan 10.000 unit,” jelasnya.

Biebie Gift memiliki tim desain untuk mengakomo­dir permintaan konsumen. Biasanya untuk suvenir pernikahan, elemen pita dan informasi mengenai nama mempelai dan tanggal pernikahan dari kertas yang desain khusus sudah barang tentu ada di dalam botol. Isian di dalam botol pun bisa disesuaikan dengan per­mintaan, bisa berisi permen, kacang-kacangan, marsh­mallow atau lainnya. Proses kreasi dan desain memer­lukan waktu sekitar dua minggu hingga empat minggu.

Dia mendapatkan aneka bentuk botol unik dari produsen lokal dan maupun dari luar negeri. Dia men­gaku dapat menjual sebanyak 5.000 botol dalam satu bulan. “Bila sedang ramai bisa mencapai 30.000 botol sebulan,” ujar Albert. Harga yang dia tawarkan berva­riasi, mulai dari Rp 10.000 per unit hingga Rp 20.000 per unit. Dia menetapkan minimal pesanan 300 unit.

Albert mengaku bisa mengantongi hingga Rp 50 juta per bulan dari pemesanan jar kreasi ini. Dia lebih fokus melakukan penjualan lewat toko online bibigift. com, namun bila ada konsumen yang ingin melihat langsung dapat menyambangi gallery Bibie Gift.

(KTN)

============================================================
============================================================
============================================================