Untitled-10PT XL Axiata Tbk (XL) ter­us mengembangkan dan melengkapi ekosistem penyediaan layanan 4G LTE bagi masyarakat. Saat ini XL sudah menyediakan layanan 4G LTE di 8 kota/area baik secara komersial ataupun uji coba, yaitu Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Mataram-Lombok.

Salah satu hal yang terus di­lakukan XL adalah melakukan edukasi kepada pelanggan dan masyarakat mengenai manfaat layanan 4G LTE dari XL. Salah satu upaya edukasi yang dilakukan XL di Jakarta, adalah dengan melun­curkan layanan wahana edukasi berupa bus dengan desain khu­sus, serta demonstrasi “Extreme HD 360° Video”. Peluncurkan berlangsung di Kelapa Gading, Ja­karta Utara, Rabu (19/8/2015).

Chief Brand & Customer Experi­ence Officer XL, Nicanor V Santia­go, mengatakan, pihaknya sengaja mendemonstrasikan “Extreme HD 360° Video” untuk menunjukkan kualitas layanan 4G LTE dari XL. Jika layanan 4G LTE XL bisa untuk membuat dan menayangkan Video 360° dengan kualitas bagus, berarti layanan internet super cepat XL juga akan cukup baik untuk men­dukung layanan-layanan inovatif dan bermanfaat lainnya. “Kami berharap akan bisa menghadirkan layanan video terbaik bagi pelang­gan ke depan dengan jaringan 4G LTE,” tandasnya.

Nicanor menambahkan, pemu­taran Video 360° tersebut meru­pakan bagian dari program edu­kasi manfaat 4G LTE. Tujuannya, agar saat nanti penyelenggaraan layanan 4G LTE bisa dilakukan se­cara komersial merata di berbagai kota, XL sudah benar-benar siap melayani permintaan pelanggan atas layanan 4G LTE yang berkuali­tas. “Selain itu, kami juga terus mempersiapkan pelanggan dan masyarakat Indonesia menyong­song era internet cepat ini, agar masyarakat secara maksimal bisa menikmati dan memanfaatkan lay­anan 4G LTE guna meningkatkan kualitas hidup mereka,” kata dia.

 Melalui demo “Extreme HD 360° Video”, masyarakat bisa menyaksikan tampilan video dengan cara yang tidak biasa. Sudut pandang video bisa mencakup 360°, tidak seperti layaknya video yang biasa ada. Gambar dan suara video juga mulus, tidak terpu­tus atau patah-patah. Semua itu bisa terjadi karena video dibuat dan ditayangkan den­gan layanan internet super cepat 4G LTE.

Demo Extreme HD 360° ini bisa masyarakat saksikan dan coba di dalam wahana Bus HotRod 4G. Bus terse­but adalah bus edukasi yang akan berkeliling dan sing­gah di area yang sudah ter­layani 4G LTE, yaitu di area Kelapa Gading dan menyusul area Senayan – Jl. Sudirman. Bus ini telah didesain secara khusus disesuaikan dengan tujuan edukasi secara me­nyenangkan. Pada bagian dalam bus terpasang TV LED dan berbagai perangkat pen­dukungnya yang terhubung langsung dengan Smartphone 4G, yang memungkinkan masyarakat yang masuk ke dalam bus bisa merasakan langsung Extreme HD 360°.

Dengan demikian masyarakat luas dan pelanggan XL bisa merasakan langsung seperti apa sensasi dan keung­gulan layanan internet super cepat itu. Masyarakat juga bisa belajar mengenai manfaat dari 4G LTE untuk berbagai keperluan, terutama untuk mendukung produktivitas kes­eharian mereka, baik dalam mengerjakan tugas tempat ker­ja, mengembangkan ekonomi micro, juga belajar. Masyarakat akan lebih jelas mengetahui manfaat keberadaan internet super pada bidang ekonomi, bisnis, pendidikan, kesehatan, dan administrasi organisasi, termasuk pemerintahan.

(Apriyadi/*)