PUC_1335_copiaBERAKHIR sudah masa libur kompe­tisi Serie A dan liga tertinggi di Italia itu akan kembali bergulir akhir pekan ini. Kedatangan sejumlah pemain top ke Ita­lia membuat Serie A 2015/2016 menarikuntuk dinanti. Di musim panasini, klub-klub papan atas Serie A berlomba-lomba mendatangkan pemain top ke timnya. Merekatak segan untukmengeluarkan dana be­sar demi meningkatkan daya saing.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Juventus yang berstatus sebagai juara bertahan dinanti kiprahnya setelah dit­inggal sejumlah pemain pilarnya. Mulai musim ini, tidak akan ada lagi Carlos Tevez, Andrea Pirlo, dan Arturo Vidal. Tapi mereka mendatangkan pengganti yang tak kalah mentereng dengan nama-nama sep­erti Mario Mandzukic, Sami Khedira, serta pemain muda asal Argentina yang digadang-gadang bakal bersinar, Paulo Dybala.

Sementara itu, AS Roma yang dalam dua musim terakhir berada di bawah bayang-bayang Juve juga aktif bergerak di bursa transfer. Setelah mempermanenkan Radja Nainggolan, Roma kemudian mendatangkan sejumlah pemain untuk meningkatkan daya gedor di lini serang seperti Mohamed Salah, Iago Falque, dan Edin Dzeko. Roma juga menggaet Wojciech Szczesny serta Antonio Rudiger untuk memperkuat barisan pertah­anan.

Duo Milan yang dalam dua musim terakh­ir meraih hasil mengecewakan juga melaku­kan belanja besar. Khusus untuk AC Milan, aktivitas transfer yang mereka lakukan di musim panas ini cukup signifikan menyusul kedatangan investor baru dari Thailand, Bee Taechaubol.

Di jendela transfer kali ini, Milan men­datangkan Andrea Bertolacci dari AS Roma (20 juta euro), Luiz Adriano (8 juta euro), Car­los Bacca (30 juta euro), dan Alessio Romag­noli (25 juta euro). Untuk pemain-pemain itu, Rossoneri menggelontorkan dana mencapai 83 juta euro (sekitar Rp 1,27 triliun).

BACA JUGA :  Tokoh Wartawan Sebut, Empat Bakal Calon Akan Berebut Kursi Ketua PWI Kabupaten Bogor

Inter Milan tak kalah aktif. Mereka menunjukkan sinyal serius untuk membe­nahi skuat dengan mendatangkan Geoffrey Kondogbia, Joao Miranda, Jeison Murillo, Martin Montoya, dan Stevan Jovetic. Meski kehilangan Xherdan Shaqiri dan Mateo Ko­vacic, Inter disebut telah melakukan bisnis yang bagus.

Kedatangan bintang-bintang tersebut jelas akan menambah daya tarik serta keseru­an Serie A yang dalam empat musim terakhir didominasi oleh Juve. Aksi para pengolah si kulit bundar di Italia akan bisa disaksikan mu­lai akhir pekan ini.

Serie A 2015/2016 akan dibuka dengan laga antara Roma dan Hellas Verona. I Lupi akan melawat ke Stadio Marc’Antonio Bente­godi, Sabtu (22/8/2015) malam WIB.

Roma yang dalam dua musim terakhir finis sebagai runner-up tentu tak mau kalah start jika ingin menjadi penantang serius scudetto. Apalagi di giornata kedua mereka sudah ditunggu oleh Juve. Tiga poin dari kan­dang Verona akan jadi modal berharga bagi pasukan Rudi Garcia itu.

Musim lalu, Roma hanya pulang dengan satu poin dari Bentegodi setelah bermain im­bang 1-1 dengan Verona. Gol-gol tentu diharap­kan bisa datang dari rekrutan baru mereka seperti Dzeko dan Salah agar hasil tersebut tak terulang. Keduanya sudah menunjukkan penampilan menjanjikan lewat gol dan assist di laga pramusim.

Dari pertandingan lainnya, Juve akan memulai langkahnya dalam mempertahank­an gelar Serie A dengan menjamu Udinese, Minggu (23/8/2015) malam WIB. Menghadapi tim yang musim lalu finis di peringkat ke-16 itu, Juve diprediksi tak akan kesulitan untuk mengamankan poin penuh.

BACA JUGA :  Asmawa Tosepu Minta Proyek “Bodong” PT Jaswita di Puncak Bogor Dihentikan

Upaya Juve untuk meraih kemenangan didukung catatan yang sip di kandang send­iri. Dari empat laga kandang terakhir mela­wan Udinese, Bianconeri selalu menang dan tiga laga di antaranya berakhir dengan clean sheet.

Sementara itu, Inter akan mengawali musim di Giuseppe Meazza dengan menjamu Atalanta. Nerazzurri patut waspada karena Atalanta belakangan kerap menyulitkan, bah­kan ketika tampil di Meazza. Dalam enam pertemuan terakhir di Serie A, Atalanta mam­pu meraih tiga kali kemenangan. Dua dari kemenangan tersebut dipetik saat tandang ke markas Inter.

Milan sudah mendapat ujian yang menantang di giornata pembuka kali ini. Mer­eka harus melawat ke markas tim yang musim lalu finis di posisi keempat, Fiorentina, Senin (24/8/2015) dinihari WIB.

La Viola sudah menunjukkan sinyal ‘peringatan’ sejak pramusim. Di bawah ara­han allenatore baru, Paulo Sousa, Fiorentina meraih hasil-hasil positif di pramusim, terma­suk mengalahkan Barcelona dan Chelsea. Mi­lan juga layak waspada karena mereka hanya menang satu kali dan kalah empat kali dari tujuh kali pertemuan terakhir di Serie A mela­wan Fiorentina.

Dari pertandingan lainnya, Napoli yang kini ditangani oleh Maurizio Sarri akan mela­wat ke kandang Sassuolo. Sementara Lazio –yang juga sudah ditunggu laga leg kedua play-off Liga Champions di kandang Bayer Leverkusen– akan menjamu Bologna.

======================================
======================================
======================================