samsung-GalaxyDengan banderol harga mencapai Rp 10 juta, Galaxy Note 5 dari Samsung ter­bilang relatif mahal untuk ukuran kantong konsumen In­donesia. “Untuk segmen pre­mium, harga Rp 10 juta menurut saya masih affordable (terjangkau). Market smart­phone premium di Indonesia secara value juga masih meningkat,” ujar Vice President Samsung Electronics Indone­sia Andre Rompis dalam acara peluncuran Galaxy Note 5 di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

“Memang, persaingan di segmen premium lebih ketat dibanding segmen lain. Na­mun, sejauh ini kami masih berhasil memimpin, juga di segmen tengah,” imbuh Andre tanpa menyebutkan berapa pangsa pasar Samsung di dua segmen pasar terkait.

Dari segi volume penjualan, menurut Andre, pasar handset kategori premium di Indonesia mencapai kisaran 80.000 unit per bulan. Dia mengatakan bah­wa pasaran smartphone Tanah Air masih mengalami pertum­buhan 5-6 persen per tahun, terutama karena konsumen se­dang beralih dari feature phone menuju ponsel pintar.

Baca Juga :  Antisipasi Abrasi Dan Tsunami, Pesisir Pantai Selatan Cilacap Ditanam 3000 Pohon Cemara Laut

“Ini berkat operator-operator seluler yang juga jorjoran mempromosikan smartphone. Awal tahun ini, kontribusi fea­ture phone ke pasar ponsel tinggal 40 persen. Bandingkan dengan awal tahun lalu yang masih 70 persen. Kami sendiri masih memiliki beberapa model feature phone kendati tidak berkonsentrasi ke segmen itu,” kata Andre.

Soal nilai tukar rupiah yang sedang melemah terhadap dollar AS, Andre menyatakan bahwa pihaknya belum memi­liki wacana untuk mengubah harga jual produk. Pihak Sam­sung Indonesia, menurut dia, lebih memilih untuk memper­timbangkan faktor daya beli konsumen untuk menentukan harga.

“Dollar itu soal nanti. Yang bisa saya jawab, kami selalu melihat konsumen. Daya beli berapa, untuk produk yang mana, lalu kami tentukan har­ganya. Dari situ baru kami tarik ke belakang, terlepas dari (nilai tukar) dollarnya be­rapa,” ujarn­ya.

Baca Juga :  5 Tips Membuat Bakwan Renyah dan Tidak Berminyak Ala Rumahan, Sangat Mudah!

S e l a i n Galaxy Note 5, Samsung juga turut memasarkan model phab­let premium lain, yakni Galaxy S6 Edge Plus. Perangkat yang di­jual secara e k s k l u s i f melalui peri­tel online Lazada ini dibanderol lebih mahal dengan harga mencapai Rp 12,5 juta.

G a l a x y Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus memiliki basis hardware yang sama, mencakup prosesor Exynos 7420, RAM 4 GB, kapasitas media penyimpanan internal 32 GB, baterai 3.000 mAh, la­yar 5,7 inci (2560×1440), serta kamera 16 megapiksel dan 5 megapiksel.

Perbedaan kedua perangkat terletak pada stylus S-Pen yang hanya tersedia untuk Galaxy Note 5, serta jenis layar Galaxy S6 Edge yang melengkung di sisi kiri dan kanan untuk menam­pung sejumlah informasi tam­bahan atau shortcut aplikasi.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]