Untitled-2Jusuf Kalla kepincut saat pertama kali melihat mobil besutan produsen otomotif campuran Malaysia – China, Maxus untuk keperluan pribadi

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Sebagai salah satu merek mobil, PT Weststar Max­us Indonesia (WMI) bisa dikatakan menjadi satu-satunya merek cam­puran antara Malaysia dan China yang ikut berpartisipasi dalam pameran otomotif Gaikindo In­donesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Indonesia Con­vention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan. Pada kehad­iran model Maxus yang pertama kali, mikrobus berbodi bongsor, V80, menjadi andalan.

Ada hal yang menarik, Wakil Presiden Jusuf Kalla berminat membeli mobil ini untuk kep­erluan pribadi. Tampaknya JK terpincut ketika kali pertama melihat model ini saat membu­ka pameran GIIAS 2015, Kamis (20/8/2015).

Ridwan Saari, Country Man­ager Webstar Maxus Indonesia, tidak mengelak ketika ditanya­kan soal kebenaran informasi ini, tetapi sekaligus tidak mem­benarkan. “Iya, memang ada be­berapa yang bertanya perihal itu ke saya, tapi mungkin bisa coba terlebih dahulu bertanya ke Ba­pak Wapres-nya,” ujar Ridwan.

Maxus V80 merupakan kend­araan yang dipasarkan untuk ke­butuhan pribadi dan komersial. Untuk seseorang dengan mobili­tas tinggi dan sering berada di jalan, kendaraan ini bisa sangat menunjang. Ruang di bagian dalam yang luas membuat kabin­nya terasa lega untuk beristirahat atau bahkan melakukan rapat penting. Kapasitasnya mampu menampung sampai enam orang dewasa di belakang jok penge­mudi. Bahkan, guna menambah kenyamanan, ada juga yang su­dah dilengkapi dengan toilet.

Sedikit gambaran untuk ba­gian interior Maxus V80 yang ka­barnya sudah dibeli Jusuf Kalla.

“Biasanya untuk pengusaha-pengusaha atau pejabat besar yang tingkat mobilitasnya tinggi, sangat pantas jika menggunakan kendaraan ini, dengan harga sekitar Rp 500 juta, kendaraan ini sudah memberikan keny­amanan lebih dari sedan biasa dengan banderol sama,” ujar Hasan Basri, Technical Advisor WMI.

Menurut informasi yang di­dapatkan, Wakil Presiden telah memesan Maxus V80 with Toilet yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 500 juta. Bagian jok baris kedua akan dipasang bang­ku khusus berukuran besar. Pada jok baris kedua dipasang bangku panjang yang mampu menam­pung empat orang dewasa, plus toilet di bagian paling belakang.

Maxus V80 merupakan sosok mobil dengan daya an­gkut hingga 3,5 ton. Mobil ini memanfaatkan mesin depan, 2.5 liter, turbo diesel, dengan sistem peng­gerak roda depan. Tenaga yang di­hasilkan 136 tk. (*)