acha-sinaga-016MESKI akting adalah passion, namun Acha Sinaga tak memungkiri ia kerap diselimuti rasa bosan karena peker­jaannya itu. Bila sudah begitu, travelling menjadi jawabannya.

Namun tak hanya sekedar travel­ling. Cewek kelahiran 30 Juni 1989 ini turut serta dalam gerakan pendidikan sebagai guru di kawasan tertinggal di Tanah Air. “Di organisasi Seribu Guru, aku sering diajak pergi ke berbagai tempat buat ngajar di desa terpen­cil,” kisah Acha.

Salah satu tempat yang ber­kesan ia pernah datangi yaitu Desa Cioray, Jawa Barat. Selama tiga hari menetap di sana, ia didapuk men­jadi guru bagi murid kelas 1 sekolah dasar.

Pengalaman unik yang tak terlu­pakan Acha kala menyaksikan seorang bocah lelaki yang tak tahu Indonesia itu seperti apa. “Dia pikir negara itu cuma desa tempat dia tinggal aja di Cioray. Pa­dahal udah kelas 4 SD, akhirnya aku buka atlas dan jelasin kalau Indonesia itu luas dan terbagi beribu-ribu kawasan selain desa tem­pat dia tinggal selama ini,” kenang Acha seraya menahan haru.

(Alfian M|net)