FH-UNIDABOGOR, Today – MOU kerjasama anta­ra Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor dengan Badan Pembinaan Hu­kum Nasional (BPHN) Kementerian Hu­kum dan HAM RI untuk menyelenggara­kan konsultasi hukum bagi masyarakat, sudah terjalin sejak 2005 lalu dan terus berlangsung hingga saat ini. Program konsultasi hukum itu ditindaklanjuti den­gan melaksanakan kegiatan pelayanan dan konsultasi hukum bagi masyarakat sebagai agenda tahunan.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Djuanda Bogor Hj. Endeh Suhartini, SH, MH., mengutarakan, pelayanan itu dimaksudkan untuk memberikan kemu­dahan kepada masyarakat agar menge­tahui hukum, mengacu kepada aturan dan memecahkan masalah yang dihada­pi langsung dalam rambu hukum, den­gan cara konsultasi, sehingga masalah bisa diselesaikan dengan baik. “Program itu juga merupakan bagian dari Tri Dhar­ma Perguruan Tinggi,” ujar Endeh.

Karenanya ia berharap kegiatan ini membawa manfaat besar bagi masyara­kat. Ia melanjutkan, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan kajian dan peneli­tian bersama untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat dan pemerintah di bidang hukum. “Bentuk program ini mungkin saja terus berkembang dan setiap tahun selalu diperbaharaui,” jelas­nya.

Kegiatan pelayanan dan konsultasi hukum tersebut mendapat sambutan yang cukup besar dari masyarakat, hal ini terlihat dengan banyaknya ma­syarakat yang datang untuk berkon­sultasi. Dari kegiatan itulah, FH UNIDA melihat, rata-rata permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat dalam konsultasi hukum tersebut antara lain masalah perkawinan, kewarisan, perta­nahan, hukum pidana, dan hukum per­data. “Dari sekian permasalahan yang ada di masyarakat ini kemudian akan ditindklanjuti dengan kajian atau peneli­tian. Salah satu yang harus dipecahkan adalah soal pengesahan nikah siri yang insya Allah akan segera direncanakan sebagai bentuk kerjasama FH UNIDA Bogor dengan Pemerintah Desa,” pa­par Endeh kepada BOGOR TODAY, Selasa (01/09/2015), kemarin. Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabu­paten Bogor, selanjutnya akan dijadikan sebagi tempat pelaksanaan program Desa Binaan sejak dilaksanakan ker­jasama program tersebut pada Rabu, 3 Juni 2015 lalu.

(Rifky Setiadi)