BANGKOK TODAY – Warga kota Bang­kok di Thailand pada Senin pagi (7/9) menyaksikan bola api raksasa yang jatuh dari angkasa. Peristiwa ini di­rekam oleh kamera yang dipasang di dashboard mobil milik sejumlah warga setempat.

Meteor yang kemudian bertrans­formasi menjadi bola api raksasa itu terbakar ketika ia jatuh dari angkasa. Meteror tersebut diperkirakan masuk ke atmosfer Bumi pada 7 September ke­marin sekitar pukul 8.45 waktu setem­pat. Mengutip situs International Busi­ness Times, meteor itu sangat terang dan terbilang besar sekitar 10 meter, namun tentu saja masih lebih kecil dari meteor Chelyabinsk yang menghantam kawasan Rusia pada 2013 silam.

Presiden dari Thai Astronomical So­ciety, Prapee Viraporn pun telah meng­konfirmasi bahwa fenomena tersebut tidak membahayakan lantaran itu ‘han­ya’ ledakan meteor kecil.

Sementara meteor Chelyabinsk menghantam langit Rusia pada 2013 ini memiliki ukuran diameter sebesar 15 meter dan menghasilkan hampir 30 kali lebih kuat dari serangan bom atom Hirosima Nagasaki di Jepang.

Apa kata ahli astronomi?

Deputy Director of National Astro­nomical Research Institute of Thailand, Saran Poshyachinda mengatakan ke­pada kantor berita CNN bahwa ia per­caya objek yang jatuh di langit Bangkok merupakan benda antariksa. “Sep­erti asteroid yang sedang berjalan ke Bumi dan ketika ia menyusuri langit ia berubah menjadi bola api,” kata Poshy­achinda.

Dari video dan foto-foto bukti bola api meteor yang sudah tersebar di media sosial, Poshyachinda memperkirakan objek tersebut terbakar sekitar 100 kilo­meter di atas permukaan Bumi. “Menu­rut saya ia tak begitu berat, sekitar be­berapa kilogram saja,” sambungnya.

Sementara laporan dari Bangkok Post yang mengutip seorang pegawai di Bangkok Planetarium menyatakan itu kemungkinan balon udara yang sedang terbakar. Adapula yang mengklaim itu puing-puing antariksa yang juga terba­kar saat terbang menuju Bumi.

Yang jelas pihak otoritas Bangkok mengklarifikasi bahwa itu tidak mung­kin pesawat terbang yang jatuh, karena tak ada laporan mengenai kendaraan udara seperti pesawat ataupun helikop­ter yang jatuh pada waktu itu.

(Yuska Apitya/net)

============================================================
============================================================
============================================================