1. Banyak bergerak atau beraktivitas

Banyaknya gerakan atau aktivitas ternah dapat menjadi salah satu indikator kes­ehatan ternak. Bila ternak banyak bergerak, maka dipastikan sehat. Sementara, bila ter­nak yang cenderung kurang agresif meru­pakan salah satu ciri ternak yang tidak se­hat. Selain itu, hewan yang sehat juga akan merespon saat Anda menyentuhnya.

  1. Sorot matanya cerah dan bersih

Ternak sehat akan memiliki sorot mata yang cerah dan bersih. Kondisi mata baik, ber­sih, dan tidak mengidap kelainan-kelainan mata, seperti berair, bercak kemerahan, ataupun terdapat kotoran di sudut mata. Bila ternak sehat, maka pupil mata akan bereaksi jika ada pergerakan cahaya di de­pannya.

  1. Rambut ternak tidak kusut
BACA JUGA :  Minum Air Jahe Setiap Hari, Apa Sih Manfaatnya? Simak Ini

Ternak yang sehat akan memiliki ram­but yang tidak kusut, halus, bersih, dan mengkilap. Selain itu, kulit ternak juga elastis dan tidak ada luka fisik. Dalam ke­adaan normal, rambut ternak memang akan sedikit rontok ketika ditarik, namun jumlahnya tidak banyak. Perlu juga diketa­hui bahwa kerontokan bulu dalam jumlah banyak merupakan salah satu ciri hewan yang tidak sehat, sehingga tak layak dija­dikan kurban. Selebihnya Anda juga harus memperhatikan kondisi kulit ternak terse­but. Pastikan saat disentuh atau ditarik ku­lit ternak tersa kenyal.

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

(Latifa Fitria)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================