Ciri-ciri-Kambing-Yang-BaikIdul Adha menjadi salah satu momen penting dalam rangka mengenang peris­tiwa besar yang dialami Nabi Ibrahim untuk membuktikan kebesaran imannya terhadap Allah. Perayaan Idul Adha ini juga turut diwarnai dengan menyembelih hewan kurban.

Ternak yang akan dikurbakan pada perayaan Idul Adha tentu haruslah masuk dalam kategori hewan kurban yang sehat. Bila hewan yang dikurbankan merupakan hewan ternak yang sehat, maka Anda akan mendapatkan pahala yang setimpal saat di akhirat kelak.

BACA JUGA :  Agar Tak Mudah Sakit saat Puasa, 5 Minuman Ini Bisa Tambah Imunitas

Bila demikian, hewan ternak seperti apa yang layak untuk dikurbakan? Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak ciri-ciri hewan yang layak dijadikan untuk kur­ban berikut ini:

  1. Hewan kurban harus sehat dan tidak cacat

Hewan atau ternak yang layak dijadikan menjadi kurban harus sehat dan tidak ca­cat. Hewan yang cacat, seperti terbakar atau telinganya robek, tanduknya patah, hukumnya adalah makruh. Untuk itu, pas­tikan agar hewan yang Anda beli adalah hewan kurban yang sehat dan juga tidak cacat.

  1. Nafsu makan baik
BACA JUGA :  6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Hewan kurban yang memiliki nafsu makan yang baik merupakan salah satu ciri ternak yang sehat. Gejala awal ternak sakit akan ditandai dengan gejala awal penurunan nafsu makan. Bila di depan hewan ternak tersebut terdapat makanan, namun tak mau memakannya, maka dapat dipastikan bahwa hewan tersebut sedang sakit.

============================================================
============================================================
============================================================