Berita-3-(1)JAKARTA, Today – Mas­terCard Indonesia menilai, pertumbuhan e-commerce yang melesat di Indonesia, yakni mencapai 20 persen per tahun, tidak dibarengi dengan transaksi digital bank­ing. Buktinya, 40 persen dari masyarakat yang berbelanja online masih menggunakan metode bayar di tempat (cash on delivery).

Jumlah ini tertinggi ketim­bang metode pembayaran lainnya, seperti transfer dana dan setoran ke bank, apalagi pembayaran melalui elec­tronic banking alias e-bank­ing. Padahal, berdasarkan penelitian yang dilakukan MasterCard pada 2014 silam, aktivitas belanja online meru­pakan alasan kedua tertinggi dalam penggunaan internet di Indonesia.

Sebanyak 18,8 persen masyarakat pengguna inter­net melakukan aktivitas be­lanja online, tertinggi kedua setelah aktivitas menerima dan mengirim email, yaitu 22,4 persen. “Faktanya, e-commerce memang naik pamor, tetapi tidak demikian halnya dengan pembayaran secara elek­tronik atau o n l i n e , ” kata Country Manager Master­Card Indonesia, Irni Palar, Senin (21/9/2015).

Baca Juga :  Diduga karena Hepatitis Akut, Bocah di Jakbar Meninggal, Ibu Korban: Makan Mie-Minum Sodanya Kuat

Menurut dia, kekhawati­ran masyarakat atau nasabah perbankan dalam melakukan transaksi online adalah penyalahgunaan atau p e n ­curian data-data kartu debit atau kredit. Survei yang dilaku­kan MasterCard menyebut, 92 persen responden meng­inginkan pembayaran yang nyaman dan transaksi yang cepat, dan 91,2 persen di antaranya men­syaratkan p e m b a ­yaran yang aman.

PT Bank CIMB Niaga Tbk sendiri melansir, dari total 4 juta na­sabah yang di­layaninya, baru sekitar 40 persen di antaranya yang menggunakan layanan e-banking, seperti cimbclicks, go mobile, rekening ponsel. Octopay merupakan layanan e-banking terbaru perseroan yang dapat dilakukan mela­lui akun sosial media Face­book.

Baca Juga :  Bacok Ibu Muda di Tangerang, Anak dan Bapak Jadi Begal

“Kami berharap, pe­luncuran Octopay dan virtual credit card ini akan menguatkan po­sisi CIMB Niaga sebagai fasilitator transaksi e-commerce di Indone­sia. Inovasi ini sekaligus memberikan kemuda­han bagi nasabah, keny­amanan dan aman bagi mereka yang ingin berbe­lanja online, namun belum memiliki kartu kredit,” kata Direktur Utama CIMB Niaga, Tigor M Siahaan.

(Adil | net)