HL---Octopay-(4)PT Bank CIMB Niaga Tbk membidik 200.000 pemilik akun sosial media Facebook alias Facebookers untuk memanfaatkan layanan perbankan melalui Facebook yang baru mereka luncurkan, yakni Octopay dan virtual credit card. Target itu untuk setahun pertama sejak Octopay meluncur

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Direktur Utama CIMB Niaga, Tigor M Siahaan mengatakan sampai akhir tahun nanti, pihaknya optimistis dapat menggandeng 50.000 Face­bookers, baik mereka yang belum menjadi nasabah CIMB Niaga maupun mereka yang telah menjadi nasabah.

Target itu bukan isapan jempol, meng­ingat pertumbuhan pengguna e-commerce dan sosial media di Indonesia sangat men­jamur. Berdasarkan penelitian MasterCard 2014 lalu, penetrasi belanja online di Indo­nesia sepanjang tahun lalu meningkat tajam sebesar 70,6 persen ketimbang tahun lalu, yakni 55,8 persen.

Baca Juga :  Terkendala Kekeruhan, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Akan Lakukan Pemeliharaan IPA dan SPAM Katulampa Senin Mendatang

“Saat ini, baru 40 persen dari total na­sabah kami sekitar 4 juta yang mengguna­kan fasilitas electronic banking (e-banking), seperti rekening ponsel, go mobile dan lain sebagainya. Jumlah ini tumbuh pesat. Kami harapkan, lebih pesat lagi dan kehadiran Octopay dapat membuat nasabah beralih transaksi dari kantor cabang ke e-banking,” ujarnya, Senin (21/9/2015).

Layanan perbankan lewat Facebook ini boleh dibilang jadi salah satu strategi CIMB Niaga dalam meningkatkan jumlah nasa­bahnya. Soalnya, untuk dapat menikmati fitur perbankan di Facebook, pemilik akun harus terlebih dahulu membuka rekening tabungan di CIMB Niaga atau membuka lang­sung rekening Octopay dan melakukan akti­vasi di digital lounge CIMB Niaga.

Setelah itu, pemilik akun Facebook yang sudah menjadi nasabah CIMB Niaga baru bisa menikmati fitur perbankan lewat Facebook mereka. Tidak cuma untuk mengetahui in­formasi rekening, layanan ini memungkinkan nasabah melakukan transfer dana, isi pulsa, membayar tagihan listrik, dan kartu kredit.

Baca Juga :  Pria Paruh Baya Tewas Tertabrak Kereta, Diduga Sengaja Telungkup di Tengah Rel

Facebookers juga bisa berbelanja di du­nia maya menggunakan fitur virtual credit card berlogo MasterCard yang ditawarkan Octopay. Layaknya kartu kredit, facebookers memiliki nomor kartu, serta kode keamanan di belakang kartu. Setelah sukses melaku­kan transaksi, biaya transaksi itu selanjutnya akan ditagihkan dalam rekening simpanan nasabah.

“Kami terus berupaya men­jadi customer-centric yang memberikan pengalaman pel­anggan bagi para nasabah. Ka­renanya, kami berkomitmen untuk selalu menempatkan nasabah dan seluruh pihak terkait sebagai fokus dalam memberikan produk, layanan dan proses terbaik,” tutup Tigor.