Untitled-3Rolls-Rocye Motor Cars siap ‘menyetrum’ jajaran mobilnya. ‘Menyetrum’ di sini maksudnya bukan mengalirkan listrik ke seluruh bodi mobil. Tapi, Rolls-Royce akan mengembangkan sebuah kendaraan listrik untuk menghadapi regulasi emisi yang kian ketat

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Seperti diberitakan Automotive News, merek mobil mewah di bawah perusa­haan BMW AG itu mulai melirik mobil bertena­ga listrik untuk kendaraan mewahnya. Dikatakan, mobil listrik yang akan dikembang­kan Rolls-Royce ini mampu menawarkan jangkauan yang bisa diterima oleh konsumen­nya.

“Misalnya kami menemu­kan teknologi baterai yang dapat menawarkan rentang yang bisa diterima untuk pel­anggan kami, saya pasti bisa membayangkan mobil Rolls- Royce bertenaga listrik sepe­nuhnya,” kata Kepala Unit BMW AG, Torsten Muller-Ot­vos.

Padahal sebelumnya, Rolls-Royce meragukan kel­angsungan hidup teknologi mobil listrik. Kini, sikap baru merek mobil mewah itu menggambarkan betapa ting­ginya tekanan dari sana-sini untuk menghadirkan mobil bebas emisi mengingat di ber­bagai wilayah peraturan emisi semakin ketat.

Sejauh ini respons kon­sumen terhadap mobil listrik masih terbatas. Sebab, jarak yang bisa ditempuh mobil lis­trik dianggap masih kurang dan ketersediaan stasiun pengisian baterai masih ter­batas.

Rolls-Royce masih belum melahirkan keputusan akhir apakah bakal memproduksi mobil listrik sepenuhnya atau kendaraan plug-in hybrid. Muller-Otvos juga belum me­nyebut waktu pengembangan mobil listrik Rolls-Royce. (*)