Untitled-9MESKI belum mengantungi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), proyek eks Pangrango Plaza yang berada di jalan Pajajaran, Bogor Tengah, Kota Bogor tetap digarap PT Giri Mulya Perkasa (GMP). Pantauan BOGOR TODAY, aktivitas pembangunan yang rencananya akan dijadikan Lippo Plaza Pangrango dan Rumah Sakit Siloam itu telah dimulai.

RIZKY DEWANTARA
[email protected]

Menurut pan­tauan BOGOR TODAY, bangu­nan eks Pangrango Plaza saat ini telah melakukan penam­bahan bangunan atau sudah melakukan aktivitas pemban­gunan. Berdasarkan informasi yang dihimpun, bangunan tersebut masih dalam proses IMB. Sebelumnya, Pangrango Plaza adalah mal satu-satunya yang terkenal bernama inter­nusa. Dan dibawah kendali Thoriq Grup dimana lahanya milik Pemkot Bogor bekerjasa­ma dengan sistem Build, Oper­ate and Transfer (BOT) selama 20 tahun. Dan saat ini perjan­jiannya tersisa 17 tahun serta sudah diserahkan ke PT Giri Mulya Perkasa selaku pihak ketiga sebagai pengelolanya.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Warung Nasi Padang di Bandung, Diduga Gara-gara Bakar Ayam

Kepala Badan Pelayanan Per­izinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kota Bogor, Denny Mulyadi, menjelaskan, bahwa saat ini pengembang atas anama PT. Giri Mulya Perkasa masih mengurus perizinannya. “Belum ada IMB nya, kan mere­ka masih mengurus Amdal nya di BPLH,” ungkapnya.

Menurut Denny, sebelum IMB dikeluarkan syarat Izin Pe­runtukkan Penggunaan Tanah (IPPT) harus dipenuhi terlebih dahulu. “Untuk proses izin am­dal pengajuannya bisa lama, bahkan bisa sampai 3-4 bulan dan saya belum menerima up­datean nya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Soto Ayam Semarang, dengan Kelezatan yang Bikin Ketagihan untuk Menu Makan Barrng Keluarga

Sebelumnya, Sekdakot Bo­gor, Ade Sarip Hidayat, menga­takan, pemerintah dan DPRD Kota Bogor sepakat untuk 17 ta­hun kedepan gedung tersebut difungsikan menjadi Mall dan RS. “Pengajuan awal tiga fung­si. Mall, rumah sakit dan pen­didikan. Karena pendidikan bakal menimbulkan bangkitan arus lalu lintas, maka disepa­kati dua fungsi,” terangnya.

Ade menjelaskan, gedung rumah sakit ini juga khusus pelayanan kesehatan spesialis. Dengan difungsikan aset Pem­kot Bogor tersebut dapat men­ingkatan PAD. “Pajak sudah dibayarkan dan nantinya ada nilai kontribusi untuk PAD,” tuntasnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================