JAKARTA TODAY – Yayasan Soekarno memberikan penghargaan pada 4 orang tokoh dunia. Mahathir Mohammad dan Kim Jong Un adalah 2 di antara tokoh yang menerima penghargaan tersebut.

“Yayasan Soekarno akan memberikan The Star of Soekarno pada 4 tokoh dunia dan kepala negara,” kata pendiri Yayasan Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri dalam sambutannya di acara penga­nugerahan The Star of Soekarno, Minggu (27/9/2015).

Acara ini dilaksanakan di Ho­tel Borobudur, Jalan Lapangan Ban­teng, Jakarta Pusat. Penghargaan ini diberikan pada 4 tokoh dunia yakni1. Mahathir Mohamad dari Malaysia,2. Fidel Alejandro Castro Ruz dari Kuba,3. Hugo Rafael Chaves Frias dari Bo­livarian Republic of Venezuela,4. Kim Jong Un dari Korea Utara.

Penghargaan yang diberikan pada Ma­hathir langsung diterima oleh yang bersang­kutan. Sementara itu, penghargaan untuk Fidel Castro diwakilkan pada Duta Besar Kuba Nirsia Castro Guevara, untuk Hugo Chaves diwakilkan pada perwakilan keduta­an Venezuela Darwin Tovar dan untuk Kim Jong Un diwakilkan oleh Ri Hyong Ju.

Penghargaan untuk Kim Jong Un ini sempat menuai pro dan kontra namun Rachmawati tetap memberikannya.

Mahathir yang diberi kesempatan un­tuk menyampaikan sambutan menyatakan kebanggaannya menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, semangat dan tekad Soekarno dalam memerdekakan Indonesia saat itu masih dilihatnya di mata rakyat In­donesia saat ini. “Dan semangat Soekarno masih terlihat hingga saat ini,” ucap Maha­thir yang mengenakan jas abu-abu.

(Yuska Apitya/net)