Untitled-7GIANLUIGI Buffon masih menjadi pilihan utama Juventus. Konsistensi penampilan dan kemampuan adaptasi di bawah mistar diakui penjaga gawang 37 tahun ini menjadi kunci.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Buffon mengawali karier seniornya di tahun 1995. Kala itu dia bergabung dengan Parma. Pada 2001, dia hijrah ke Juventus. Jika dihitung, Buffon sudah 20 tahun menjalankan profesinya itu. Ter­catat Buffon sudah tampil dalam 169 pertandingan bersama Parma dan 482 pertandingan bersama Juventus.

Kini, usianya sudah tak muda lagi. Tapi rumor dia pensiun atau bakal dilepas Juve tak terdengar. Buffon masih mendapatkan tem­pat utama di tim utama tahun ini, baik di Serie A atau pada Liga Champions.

Tak hanya bersama klub, Buf­fon juga masih menjadi kiper utama di tim nasional Italia. Ber­gabung sejak 1997, Buffon men­catatkan 150 laga bersama Gli Az­zuri. Buffon menyebut konsistensi itu tak terjadi begitu saja. Menurut dia kemauan beradaptasi dengan zaman dan jiwa kompetitif men­jadi kuncinya.

“Rahasiaku adalah memaksa diri untuk terus berkembang dan tumbuh mengikuti perkemban­gan olahraga. Aku dewasa, bukan hanya pada tingkah laku, tapi apa yang bisa menjagaku tetap pada level teratas adalah bukti nyata ka­lau aku memang menyukai kom­petisi dan itu aspek mendasar dari pekerjaanku,” kata Buffon seperti dikutip Football Italia.

“Saat muda aku seornag ge­landang kemudian menjadi pen­jaga gawang yang ditantang untuk bisa menggunakan tangan dengan amat baik tapi juga kaki.

So, para kiper memang ditun­tut untuk bisa beraksi atau me­mainkan bola sampai piawai ber­tahan,” jelas dia.