Untitled-4Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor, Hotel Agria Gino Feruci yang berada di Jalan Raya Tajur, Nomor 612, Kota Bogor, menggelar donor darah gratis. Kegiatan yang berlangsung di area lobi Hotel Agria Gino Feruci ini diikutin oleh puluhan pendonor yang notabene datang dari warga sekitar hotel, karyawan hotel dan beberapa relasi juga kolega.

Oleh : LATIFA FITRIA
[email protected]

Ketika ditemui, Human Resoueces Coordinator (HRC) Hotel Agria Gino Feruci, Kristna Vita menjelaskan jika keg­iatan ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi dalam dunia kesehatan, dan dikemas sebagai kegiatan Coor­porate Social Responsibility (CSR) hotel yang memiliki 76 fasilitas ka­mar ini.

“Kegiatan ini tak hanya ber­manfaat untuk PMI sebagai tamba­han persediaan kantung darah juga bermanfaat bagi pendonor. Karena setetes satu orang bermanfaat bagi orang banyak,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla sebelumnya pernah mengatakan darah merupakan aset bangsa dan setiap negara henda­knya dapat memenuhi kebutuhan darah warga negaranya sendiri, yang disumbangkan secara sukare­la. “ Melalui program donor darah, masyarakat diajak untuk memiliki rasa empati dan saling tenggang rasa terhadap sesama sebagai ba­gian dari nilai-nilai kesetiakawanan sosial,” tuturnya.

BACA JUGA :  Tak Hanya Sunah, Ternyata Rutin Konsumsi Kurma Dapat Manfaat Ini!

Sementara itu, transfusi darah atau donor darah merupakan ses­uatu bentuk kegiatan sosial yang dilakukan sebagai wujud kepedu­lian terhadap sesama. Seseorang yang pernah melakukan donor darah secara tidak langsung telah membantu menyelamatkan hidup orang lain dari ancaman kematian. Selama dilakukan secara rutin dan dengan prosedur yang tepat trans­fusi darah juga bermanfaat untuk kesehatan pendonor.

“Masih banyak masyarakat yang terkontaminasi dengan mitos donor darah dapat menularkan pe­nyakit, donor darah menyebabkan tekanan darah menjadi rendah, dan lain sebagainya, sehingga calon pendonor menjadi takut untuk melakukan donor darah. Padahal dengan melakukan donor darah selain dapat bermanfaat bagi orang lain ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh kita,” terang Dokter Umum, Dr Mahdian Nur Nasution.

Manfaat dan keuntungan do­nor darah untuk kesehatan

  • Donor darah baik untuk kesehatan jantung

Kelebihan kadar zat b e s i dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol dan menum­puk pada bagian arteri dan pem­buluh darah. Seseorang yang rutin melakukan transfusi darah mem­buat kadar zat besi dalam darah menjadi lebih stabil sehingga men­gurangi resiko terkena strok dan penyakit jantung. Baca juga artikel terkait tentang jenis makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Merangsang pembentukan sel darah merah baru
BACA JUGA :  6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Fakta nya Setelah Seseorang melakukan transfusi darah tubuh­nya akan terlihat lebih segar, ini terjadi karena terdapat sel-sel da­rah merah yang baru yang dihasil­kan oleh sumsum tulang belakang untuk memperbaharui dan meng­ganti sel-sel darah merah yang hilang pada saat transfusi. hal ini merupakan salah satu manfaat dari donor darah terhadap kesehatan tubuh.

  • Transfusi darah Bisa membantu program diet

Donor darah juga berguna un­tuk anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, Karena bisa memicu pembakaran kalori tubuh. Donor darah 450 mililiter sama saja anda membakar kalori sebanyak 650 kkal, karena alasan inilah salah satu syarat seseorang pendonor harus mempunyai berat badan minimal 45 Kg.

============================================================
============================================================
============================================================