Untitled-6BOGOR, Today – Lomba Bahasa dan Sastra (Lasastra) ke XV yang sudah ditunggu para pelajar siap digelar kembali pada 18-19 No­vember 2015 mendatang. Lomba bagi pelajar tingkat SMP dan SMA di wilayah Jabodetabek, Cianjur dan Sukabumi itu meru­pakan perhelatan akbar pelajar yang menjadi ikon SMA Negeri 5 Kota Bogor. “Event Lasastra kini sudah menjadi milik bersama dan alhamdulillah merupakan kegiatan kebanggaan pelajar yang telah banyak menciptakan insan-insan muda yang gemar dan cinta akan bahasanya sendiri yaitu bahasa Indonesia,” ungkap Lia Kosfina, S.Pd, Ketua Pelaksana dari pihak guru.

Guru yang justru mengajar Kimia ini bersyukur ajang Lasastra yang digelar dalam rangka Bulan Bahasa ini semakin lama dimi­nati di kalangan pelajar. Hal tersebut dengan terbuktinya semakin meningkatkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini dari tahun ke tahun.

Menurut catatan dari panitia, Lasastra tahun lalu berhasil menjaring jumlah peserta sebanyak 470 orang untuk Tingkat SMP dan SMA, dan tahun sebelumnya jumlah peserta mencapai 396 orang. Tahun ini, kegiatan bertema “Menjadikan Bahasa dan Sass­tra Sebagai Paduan Kreasi Anak Bangsa” ini mentargetkan peserta hingga lebih dari 400 orang peserta. Karenanya, pendaftaran sudah mulai dibuka sejak 19 Oktober 2015 lalu. “Tahun ini kami juga membuka pendaftaran melalui online untuk memudahkan peserta yang berasal dari luar kota,” tambah Lia.

Lasastra akan mengkompetisikan berbagai mata lomba di tingkat SMP/sederajat yaitu Lomba Pidato Non Teks, Menulis Puisi, Membaca Puisi, Membuat Poster, Mendongeng dan Menulis Cerpen. Sementara di tingkat SMA/sederajat akan mengkompe­tisikan mata lomba Berbalas Pantun, Monolog, Musikalisasi Puisi, Resensi Novel dan Reportase.

Lasastra akan memperebutkan penghargaan bergengsi bagi peserta. Juara I akan memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat, Juara II Piala Bergilir Wali Kota Bogor, Juara III Piala Bergilir Ketua DPRD Kota Bogor dan untuk Piala Tetap Kepala SMA Negeri 5 Kota Bogor per mata Lomba akan diberikan untuk juara I, II, dan III. “Tahun ini kami akan memberi tambahan peng­hargaan hingga Juara Harapan 1,” pungkasnya.

(Latifa Fitria)