Untitled-2Kebanyakan masyarakat di Indonesia beranggapan bahwa Medical Check Up (MCU) merupakan suatu aktivitas yang mengeluarkan banyak dana dan terkesan mahal. Namun, jika dicermati dengan benar, melakukan MCU sejak dini dan rutin, maka dapat menghemat pengeluaran untuk biaya pengobatan dikemudian hari.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

MCU merupakan suatu proses yang dilakukan oleh seorang dokter dalam melakukan pemeriksaan pada tu­buh seorang pasien untuk mencari adanya atau gejala dari suatu penya­kit.

Pelaksana Teknis Harian (PTH) Kepala Kantor Pelayanan Labora­torium Klinik CITO Cabang Bogor, Sofyan Arie Kuswoyo menyarankan MCU dilakukan setahun sekali untuk mendeteksi sedini mungkin adanya penyakit dalam tubuh seseorang. Se­lain itu tujuan lain dari MCU adalah memberikan penanganan ataupun terapi sesuai dengan gejala penyakit yang timbul.

Baca Juga :  Hati-hati, Posisi Duduk yang Salah Menyebabkan Cedera Tulang Belakang

“Sebenarnya MCU perlu dilaku­kan oleh semua orang, termasuk mereka yang sehat. Untuk MCU ban­yak dianjurkan pada usia 35 tahun keatas, baik yang mempunyai kelu­han atau tidak. Karena pada usia itu, proses penuaan mulai terjadi, tapi bukan berarti dibawah usai 35 tahun tidak perlu MCU,” katanya, Jumat (30/10/2015).

Dari beberapa penelitian yang ada, dikutip dari Majalah Jendela Cito, dapat disarankan orang-orang muda dengan riwayat kesehatan ke­luarga yang ekstrim seperti jantung, stroke dan diabetes mellitus, untuk segera melakukan check up. Contoh yang jelas adalah penyakit diabetes mellitus, penyakit ini dapat diturunk­an secara genetika. Maka tak heran, mengapa dewasa ini banyak pula ka­sus penyakit diabetes mellitus yang diderita orang muda berusia 20-an tahun.

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam proses MCU, banyak seka­li proses pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh pasien. Misalnya pengecekan kesehatan melalui da­rah dan urin. Selain itu juga, dapat melakukan pemeriksaan penunjang lainnya seperti EKG (elektrokar­diografi), Treadmill, Rontgen, USG (ultrasonografi) dan yang lainnya. Pemeriksaan tersebut dapat disesuai­kan dengan kebutuhan pasien atau sesuai dengan ajuran dokter.

Melakukan MCU akan membawa kondisi kesehatan yang lebih baik, sehingga aktivitas sehari-hari dapat lebih optimal. Namun demikian, jika telah melakukan MCU, bukan berarti akan terhindar dari segala penyakit. Hanya saja jika terserang penyakit dapat ditangani dengan cepat. Menja­ga pola hidup adalah salah satu upa­ya untuk tetap sehat. “Jaga kesehatan dan terus berolah raga menjadikan hidup lebih indah,” pungkasnya. (*)