Untitled-9BOGOR, TODAY – Eng­lish First (EF) kembali menggelar kompetisi mengeja kata Bahasa Inggris (spelling bee) 2015, yang diikuti sed­kitnya 200 siswa Seko­lah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Per­tama (SMP) di EF Ta­man Yasmin, Kota Bo­gor, Sabtu (31/11/2015).

Tahun ini, peserta terbagi dalam tiga grup, yakni SD kelas 1-3 (grup A), SD kelas 4-6 (grup B) dan SMP kelas 7-9 (grup C) ini berkompetisi untuk men­jadi yang terbaik dan me­wakili EF Taman Yasmin berkompetisi di EF Spell­ing Bee tingkat nasional pada pertengahan Novem­ber 2015.

“Ini merupakan kompe­tisi tingkat regional yang terbagi dalam tiga babak. Dua babak penyisihan dan satu babak final. Nantinya, hanya 10 orang yang berhak majuk ke babak final untuk menjadi juara disetiap kategori,” ujar Staff Marketing EF Taman Yasmin, Endang Yuni­awandani.

Baca Juga :  Guru Honor di Bogor Terima Kenaikan Insentif  

Ia melanjutkan, dari 10 orang ini, akan dilombakan lagi untuk mencari tiga terbaik dari mas­ing kategori. “Nah nanti dari juara satu, dua dan tiga dari setiap kategori itulah yang ber­hak mewakili EF Taman Yasmin berkompetisi EF Spelling Bee tingkat nasional,” tandasnya.

Endang memaparkan, kompetisi tahunan ini sudah berjalan sejak EF Taman Yasmin berdiri pada 2012 lalu.“Perlombaan tahun ini diikuti kurang lebih 200 anak, dan berlangsung sangat meriah. Antusiasme orangtua peserta dan perwakilan guru Bahasa Inggris dari sekolah untuk mengantarkan anak-anak mereka berlomba un­tuk menjadi juara,” kata dia.

Menurutnya, di luar negeri sana, Spelling Bee merupakan lomba bergengsi yang banyak diminati pelajar maupun kalangan umum. Selain untuk menjajal pemahaman Bahasa Inggris, Spelling Bee rupanya sudah menjadi tren dunia.

“Dengan lomba ini kami berharap pelajar Indonesia khususnya dan masyarakat luas umumnya dapat lebih tergugah untuk belajar dan memahami Bahasa Inggris secara mendalam. Karena dewasa ini, kemampuan berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa global semakin dibutuhkan,” tutur dia.

Baca Juga :  Uji Kemampuang Santri, MDT Al Haya Gelar Imtihanussanah

Kompetisi ini tidak hanya berlaku untuk peserta bimbingan EF, sambung Endang, namun terbuka juga untuk umum. Bahkan EF mengundang sekolah SD dan SMP di Kota Bogor agar berke­nan mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk berkompetisi di EF Spelling Bee 2015.

Ia berharap, kompetisi Spelling Bee yang diagendakan tahunan oleh lembaga bimbingan belajar berstandar internasional ini mam­pu menelurkan generasi yang mampu berbahasa Inggris dengan fasih.

”Semoga EF Spelling Bee ini dapat mencetak generasi muda berwawasan bahasa yang tinggi dan menumbuhkan kepercayaan diri anak bangsa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Ing­gris,” pungkasnya.

(Latifa Fitria)