Agnieszka-Radwanska--2015-Australian-Open-2nd-round--06Agnieszka Radwanska keluar sebagai pemenang WTA Finals 2015. Petenis Polandia menuntaskan perlawanan Petra Kvitova di partai final di Singapore Indoor Stadium, Minggu (1/11/2105). Radwanska bertarung tiga set untuk memenangi laga dengan skor 6-2, 4-6, 6-3.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Ini adalah trofi WTA Finals per­tama bagi Radwanska dalam kariernya. Sementara bagi Kvi­tova, hasil ini membuat dia ga­gal mengulang pencapaiannya di 2011 saat menjadi juara usai men­galahkan Victoria Azareka di final.

Turun di final pertama kali dari tujuh kesempatan, Radwan­ska tampil penuh percaya diri di set pertama. Petenis kelahiran Krakow, Polandia, 6 Maret 1989, itu langsung memimpin 0-2 di set pembuka.

Kvitova sempat mencuri ang­ka hingga kedudukan 1-2, namun setelah itu Radwanska tak ter­bendung untuk menuntas set pertama dengan kemenangan 6-2.

Pada set kedua, lagi-lagi R a d ­wanska menemukan permainan terbaiknya, dan memimpin 2-0. Namun, Kvitova bangkit di game keenam, hingga akhirnya balik me­mimpin 4-4 lewat servis mematikan.

Radwanska sempat mengejar 4-4, namun Kvitova menekan dan mengunci set kedua dengan ke­menangan 6-4.

Di set penentuan, justru Rad­wanska tertekan. Sempat tertinggal 0-2, namun Radwanska bangkit dan membalikkan kemenangan 3-2, lalu mengunci kemenangan dengan 6-3.

Total, Kvitova membuat 53 un­forced errors di laga final ini, semen­tara Radwanska hanya melakukan lima kesalahan sendiri.

Kemenangan ini juga memper­baiki rekor pertemuan Rad­wanska atas Kvitova. Dari sembilan pertemuan, Radwanska menang tiga kali, se­dangkan Kvitova mencatat enam ke­menangan.

“Beberapa pekan lalu saya bah­kan tidak tahu berada di sini,” kata Radwanska seraya menteskan air mata dalam wawancara di tepi la­pangan.

“Saya melakukan hal yang benar di saat-saat penting. Kemenangan benar-benar dekat, saya punya pelu­ang pada set kedua. Tapi, tak terlalu penting bagaimana saya menang,” tambahnya seperti dikutip Reuters.

Sementara di nomor ganda, duet campuran Martina Hingis (Swiss)/ Sania Mirza (India) mengalahkan pa­sangan Spanyol Garbine Muguruza/ Carla Suarez Navarro dengan skor meyakinkan 6–0 , 6–3. (*)