Foto : Net
Foto : Net

JAKARTA, Today – Penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang Oktober lalu tercat­at sebanyak 626.725 unit. Jum­lah itu lebih kecil 6,26 persen dibanding Oktober tahun lalu. Sebelumnya, pada September penjualan juga mengalami pe­nurunan sebesar 6,32 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya.

“Penjualan sepanjang Oktober 2014 lalu tercatat sebanyak 680.642 unit. Art­inya secara year to year pada Oktober lalu penjualan turun 6,26 persen. Tetapi kalau dibanding bulan sebelumnya yang sebanyak 632.227 unit, penurunan pada Oktober sebanyak 0,87 persen,” tu­tur Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Mo­tor Indonesia (AISI), Sigit Ku­mala.

Menurut Sigit, jika melihat tren penjualan sejak awal ta­hun hingga bulan kesepuluh itu, akar masalah penurunan masih sama yakni lemahnya daya beli. Namun khusus di bulan-bulan terakhir, faktor kemarau panjang dan bera­khirnya masa panen semakin menekan daya beli.

“Jadi, karena masa panen sudah habis. Sementara hasil panen juga tak seperti yang di­harapkan, pembelian sepeda motor pun juga turut surut. Ini terjadi hampir di semua daerah, terutama Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi,” ucapnya.

Sementara itu, data AISI menunjukan, sepanjang Ok­tober merek Honda tercatat merajai penjualan. Kemudian berada di belakang merek itu berturut-turut terdapat Yama­ha, Kawasaki, Suzuki.

(Adil | net)

 

 No Merek Penjualan
1 Honda 458.749
2 Yamaha 146.627
3 Kawasaki 10.755
4 Suzuki 9.674

 

============================================================
============================================================
============================================================