Foto : Kozer
Foto : Kozer

BOGOR, TODAY – Pemerintah Kabupaten Bogor sudah kehabisan ide untuk mengako­modir para pedagang kaki lima (PKL) yang membludak di sepanjang jalan tegar beriman.

Pasca penertiban Senin (2/11/2015) lalu, pemkab bogor memerintahkan semua kantor pemerintahan yang berada di jalan tersebut, menyiapkan tempat untuk menampung PKL berjualan di area kantor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bo­gor, Adang Suptandar mengungkapkan, surat edaran untuk menyiapkan tempat bagi PKL telah diterbitkan, bahkan sebelum penertiban dilakukan Satpol PP.

“Kan sudah kita data semua PKLnya. Se­mua kantor dinas pun saya sudah perintahkan supaya menyiapkan tempat untuk menam­pung PKL. Setidaknya untuk para pedagang makanan,” kata Adang, Jumat (13/11/2015).

Pemkab Bogor, kata Adang, masih mencari lokasi yang pas untuk melokalisir PKL agar lebih tertib. “Inginnya sih di lokalisir yah. Cuma kami masih mencari-cari tempat nih yang pas dimana,” lanjutnya.

Baca Juga :  DP3AP2KB Jalin Kerjasama Dengan RSU dr. M. Hassan Toto, Optimalisasi Perlindungan Anak dan Perempuan 

Sementara Pokja Relokasi PKL yang diketuai Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Benny Delyuzar mengatakan, setelah adanya usulan berdagang di kantor SKPD, belum ada PKL yang berkomunikasi untuk menempati lahan yang telah disediakan.

“Sekitar 116 pedangang yang sudah terdata yang dicatat by name by address untuk berjualan di kantor dinas. Mungkin bisa di halaman atau kantin. Coba dikoordinasikan dulu,” kata Benny.

Benny menambahkan, untuk PKL yang berada di Simpang Cibinong atau Jalan Suka­hati masih dalam pendataan dan rencananya digeser ke ruang terbuka milik warga di sekitar lokasi.

Benny menegaskan, tidak ada tagihan sewa atau retribusi tertentu bagi pedagang yang menggunakan fasilitas SKPD.

Baca Juga :  Delapan Orang Penadah Barang Curian Truk Diringkus Polisi di Bogor

Namun, untuk tempat relokasi PKL Sim­pang Cibinong, harus ada kompensasi, karena lahan tersebut milik perseorangan.

“Baru PKL Tegar Beriman dan Simpang Cibinong yang disiapkan perencanaan relokasinya. Di titik lain dirumuskan, setelah penertiban oleh Satpol PP berlangsung,” pungkasnya.

Sejumlah SKPD yang berkantor di Jalan Tegar Beriman, antara lain Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Dinas ESDM, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Satu Pintu (BPMPTSP), Dinas Keseha­tan (Dinkes), Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP, Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman (DTBP) dan beberapa lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pedagang beraktivitas di area lahan milik dinas tersebut.

(Rishad Noviansyah)