intel-corporation-skylake-chips-to-reach-windows-10-pcs-next-monthIntel baru saja secara resmi merilis prosesor generasi keenam Skylake. Tidak tanggung-tanggung, dua tipe langsung dilemparkan ke pasar.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Performa komput­er mini Intel NUC dipastikan bakal semakin ngacir. Pasalnya, Intel resmi mena­namkan prosesor core gen­erasi keenam Skylake pada perangkat besutannya itu. Langsung ada dua tipe yang dirilis Intel ke pasaran.

Meski langsung merilis dua tipe sekaligus, sebe­narnya prosesor yang dipa­kai keduanya satu tipe yakni Intel Core i5 6260U. Yang membedakan adalah de­sainnya, dimana yang satu punya bentuk sangat ring­kas dengan tipe NUC6i5SY dan NUC6i5SYH yang juga ringkas namun sedikit lebih tebal.

Baca Juga :  Kebijakan Pemerintah, Gaji ke-13 PNS Cair dan Tarif Listrik Naik Hari Ini 1 Juli 2022

Tapi bukannya tanpa alasan NUC6i5SYH punya desain lebih tebal. Berkat ukurannya itu pengguna jadi bisa menambahkan lagi storage tambahan bila dibutuhkan. Adapun jenis media penyimpanan yang didukung adalah hardisk 2,5 inch. Kedua NUC sendiri dibenamkan SSD jenis M.2.

Intel juga membuka pe­luang bagi pengguna yang hobi melakukan kustomisasi PC. Raksasa chip ini juga menawarkan kedua NUC tanpa casing, jadi jeroannya saja. Dengan begitu penggu­na bisa bebas menyematkan casing garapannya sendiri, ataupun memakai casing PC buatan pihak ketiga.

Baca Juga :  Pembelian BBM Melalui Aplikasi MyPertamina Belum Diterapkan di Bogor

Untuk sektor grafis kedua NUC anyar tersebut dibekali IRIS Graphics andalan In­tel. Sedangkan fitur lainnya yang tak kalah ciamik adalah dukungan Intel WiDi yang memungkinkan kedua NUC terhubung ke layar monitor secara nirkabel. Dengan cat­atan, monitor yang diguna­kan juga telah mendukung penggunaan Intel WiDi.