20101108092758997Tim F1, Manor Racing, mengumumkan, Rio Haryanto mengikuti tes post-season di Abu Dhabi pada 1 Desember 2016. Selain Rio, Manor Racing juga menunjuk Jordan King yang tak lain adalah anak dari sang co-owner, Justin King.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Rio bukan nama asing untuk Manor Racing. Dia pernah menjabat sebagai test driv­er pada 2010 saat tim asal Inggris tersebut masih ber­nama Marussia Virgin Racing.

Kini, pembalap kelahiran Surakar­ta, Jawa Tengah, 22 tahun lalu terse­but adalah calon kuat pengisi salah satu line-up Manor Racing untuk F1 musim depan. Terpilihnya Rio cukup beralasan, sebab dia adalah salah satu driver yang sedang bersinar di GP2.

“Saya sangat menantikan kem­bali ke tim saat tes di Abu Dhabi. Ini sebenarnya adalah tim yang sama, meski mobilnya sedikit berbeda. Saya merasa telah melakukan persiapan yang lebih baik,” kata Rio, seperti di­beritakan Crash, Selasa (24/11/2015).

“Setelah musim yang sangat kom­petitif di GP2, saya tak sabar untuk menunjukkan sudah seberapa jauh perkembangan saya sebagai pembal­ap yang komplet,” sambungnya.

Manor Racing tetap bisa mengiku­ti tes Abu Dhabi meski melewati Spa­nyol dan Austria. Adapun ini adalah tes terakhir menggunakan MR30B-Ferrari sebelum diganti ke Mercedes yang menjadi pemasok mesin musim depan.

Rio dan King adalah bagian dari Development Driver Manor Marussia. Keduanya saat ini berkiprah di ajang GP2, di mana ia berada di peringkat keempat klasemen bersama tim Cam­pos Racing, sedangkan King di urutan ke-12 bersama Racing Engineering.

“Kami berharap dapat memberi­kan Rio dan Jordan kesempatan un­tuk mengemudikan MR03B di Abu Dhabi pekan depan. Untuk Jordan, ini adalah bagian yang telah diren­canakan dari perannya di 2015 se­bagai Development Driver, setelah menjalani satu musim bersama tim dalam kapasitas pembelajaran dan ditambah dengan performa sangat menjanjikan di GP2 musim ini,” ujar Team Principal Manor Marussia, John Booth.

Dirinya berharap dapat melihat evaluasi berkelanjutan dari potensin­ya di atas mobil F1. “Kedua pembalap telah memiliki pengalaman yang luas memakai ban Pirelli di GP2, dan khu­susnya dengan banyaknya tes GP2 yang telah digelar di Abu Dhabi, mer­eka berada dalam posisi yang tepat untuk membantu kami dalam evalu­asi program Pirelli pekan depan,” pungkasnya. (*)