2000898470Kamera dengan resolusi super 100 Megapiksel (MP) baru saja diperkenalkan Phase One, vendor kamera asal Denmark pada awal tahun ini. Phase One memang tak main-main dalam ‘mengemas’ kamera andalannya ini. Perusahaan itu pun bahkan menggandeng Sony untuk menciptakan sensor CMOS-nya.

Oleh : Hilman Septian
[email protected]

Kamera medium format baru itu menggunakan sensor berukuran 53,7 mm x 40,44 mm dengan jenis CMOS. For­mat tersebut lebih dulu dikenal den­gan format medium 645.

Sensor tersebut, sebagaimana di­laporkan Gizmag, memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan sensor CCD. Sensor canggih ini bisa merekam 16 bit warna, memiliki dy­namic range mencapai 15 stop yang membantu memudahkan fotografer mengeluarkan detail di area high­light dan shadow dalam kondisi pencahayaan yang kontras.

BACA JUGA :  Kecelakaan Tunggal Mobil di Jalan Jogja-Solo Klaten Nyemplung Selokan

Selain itu, kamera dengan sistem XF ini memiliki beberapa fitur yang dirancang agar digunakan dengan menggunakan sensor megapiksel super tinggi, seperti system Honey­bee Auto Focus, Vibration Tracking, Electronic First Curtain Shutter dan teknologi Vibration Detection.

Selain itu, pihak Phase One juga mengungkap bahwa foto-foto yang di­proses lewat image 16 bit ini akan dio­lah dengan software Capture One 9.

Kamera itersebut memang dikhu­suskan untuk segmen fotografer pro­fesional yang bergerak di bidang fine art, landscape, dan fashion agar mer­eka bisa mendapatkan foto dengan de­tail yang paling rinci.

BACA JUGA :  BERGERAK BERSAMA, MELANJUTKAN MERDEKA BELAJAR

Ini memang bukan pertama kali Phase One bekerjasama dengan Sony menciptakan sebuah kamera dengan sensor dan resolusi super tinggi. Sebe­lumnya, mereka sempat berkolaborasi menciptakan sensor 50 MP untuk me­dium format yang digunakan di mod­uldigital back Phase One IQ3 50 MP.

Untuk membeli kamera ini, Anda harus merogoh kocek yang begitu dalam. Pasalnya, Phase One mema­tok kamera ‘mewah’ ini dengan harga yang begitu tinggi, yakni sebesar US$ 48.990 atau sekitar Rp 680 juta.

(/net)

============================================================
============================================================
============================================================