Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Banyak orang yang mendambakan memiliki kulit wajah dan tubuh yang bersih dan sehat, terutama bagi kaum hawa. Namun untuk me­miliki kulit yang sempurna sudah pasti harus melakukan berbagai macam per­awatan dan menggunakan beberapa produk kecantikan. Hanya saja jaman semakin jahat, banyak produk kecantikan yang ternyata membahayakan si penggunanya karena ter­kandung zat-zat yang berbahaya, meskipun ada beberapa produk yang sudah berlabelkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), namun bisa saja label tersebut adalah legalitas palsu.

Seiring dengan perkembangan jaman yang mengharuskan semua orang berlomba dengan waktu, banyak juga wanita dan pria yang lebih memilih perawatan kulit yang in­stan, seperti misalnya suntik vitamin C. Awal­nya mungkin banyak orang yang tidak berani melakukannya kaena terdengar lumayan mainstream, tetapi lama kelamaan ternyata peminatnya semakin banyak.

“Suntik vitamin C ini bagus dan lebih aman dibandingkan penggunaan produk polesan yang sembarangan, hanya saja harus dilakukan oleh dokter dan dengan dosis yang tepat,” urainya.

BACA JUGA :  Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Dia Penyebabnya

Suntik Vitamin C ialah metode memasuk­kan vitamin C dosis tertentu melalui vena di tangan dengan memakai jarum suntik, se­hingga vitamin C tersebut bisa langsung ma­suk ke dalam sel tubuh tanpa harus melewati sistem pencernaan lambung. Dengan cara suntik seperti ini, bukan cuma kulit muka saja yang akan terlihat cerah namun kulit seluruh tubuhpun akan menjadi cerah. Salah satu keunggulan dari suntik vitamin C ini adalah, bahwa vitamin C yang dimasukkan kedalam tubuh via vena tangan, dapat diserap oleh tubuh dengan sangat tinggi, sehingga dapat terhindar dari proses penyerapan usus yang secara umum bisa mengurangi penyerapan Vitamin C pada tingkat sel hingga mencapai 95 persen.

“Bagi kulit, vitamin c (Asam askorbat) ber­guna dalam sintesis kolagen sebagai molekul penting bagi kesehatan kulit kita. Di berbagai penelitian menunjukkan penggunaan asam askorbat yang distimulankan secara dimi­num (oral) maupun oles memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi sel kulit, karena bisa mencegah dan mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar ultravio­let,” jelas Dokter Umum, dr Levi Olivia.

BACA JUGA :  Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Cara kerja Vitamin C dalam bentuk ascor­byl dapat menekan sintesis pigmen dalam memproduksi melanin. Produksi melanin yang berlebih akan menjadikan kulit menjadi hitam, flek, menyebabkan kerutan, bahkan kulit kering dan kusam. Penggunaan vitamin c bagi kulit secara umum dapat diterima baik oleh kita yang memiliki jenis kulit berwarna. Asam askorbat dan turunannya telah terbukti aman dalam rangka pengobatan melasma (ke­lainan pigmentasi) .

“Vitamin C memberikan kontribusi un­tuk fotoproteksi (perlindungan dari sinar UV), mengurangi photodamage (kerusakan kulit akibat sinar UV), dan diperlukan guna mempercepat penyembuhan luka. Suplemen minuman (oral) yang mengandung vitamin C dapat berguna mencegah imbas kerusakan kulit akibat sinar UV, terutama bila dikombi­nasikan dengan suplemen vitamin E,” pung­kasnya.

Oleh : dr Levi Olivia (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================