Tambah Imunitas Tubuh dengan 8 Makanan dan Minuman Ini

Makanan penambah imun tubuh

BOGOR-TODAY.COM – Sistem kekebalan tubuh sendiri merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap patogen, seperti bakteri, usus, dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Makanan yang mengandung nutrisi dan antioksidan bisa menjadi kandungan makanan untuk penambah imunitas, adapun makanan dengan senyawa lain yang mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Respon kekebaran tubuh dapat dibantu dengan dengan mengkonsumsi asupan yang tepat. Lantas, apa saja makanan dan minuman penambah imunitas tubuh? Simak artikel ini sampai selesai.

Makanan dan Minuman Penambah Imunitas Tubuh

  1. Air Putih
Air putih

Air putih merupakan minuman yang menyimpan banyak manfaat. Meminum air putih dengan cukup baik untuk imunitas, serta bisa membuat tubuh terhidrasi.

  1. Sayuran Berdaun Hijau
BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut mendukung berbagai aspek fungsi kekebalan tubuh, termasuk produksi antibodi dan menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.

Salah satu sayuran berdaun hijau adalah bayam. Mengutip Healthline, bukan hanya kaya akan vitamin C, bayam juga kaya akan antioksidan dan betakaroten. Keduanya bisa meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

  1. Buah Sitrus

Vitamin C dapat mencegah atau memperpendek infeksi dengan meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh. Kandungan ini bisa ditemukan di sebagian besar buah sitrus, yaitu seperti

  1. Bawang Putih
BACA JUGA :  Surat Edaran Soal Study Tour, Pj Wali Kota Bogor Imbau Kegiatan di Dalam Kota
Bawang Putih

Bawang putih dikenal dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Mengutip NDTV, hal ini berkat kandungan allicin yang memiliki sifat antimikroba dan membantu melawan infeksi.

Jika dikonsumsi secara teratur, bawang putih bisa membantu mengatur respon imun dan mengurangi peradangan. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri.

  1. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A, C, dan E, serta merupakan sumber serat yang baik. Sayuran ini baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat senyawa sulfur yang membantu produksi glutathione.

============================================================
============================================================
============================================================