Untitled-9ITULAH yang dikatakan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengenai perencanaan kegiatan program ‘Ayah Hebat’. Dewan Pendidikan mengadakan diskusi terkait tanggapan para stakeholder di Kantor Sekretariat Jalan Julang, Kota Bogor, Selasa (26/1/2016).

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Diskusi tersebut, mengupas lebih dalam materi serta isi dari program ‘Ayah Hebat’. “Saya tercetus ide program ini, karena melihat tingginya angka penyimpangan prilaku di kalangan remaja Kota Bogor. Tentu kita tidak menyalahkan mereka dalam hal ini, namun perlu kita garis bawahi iyalah, pola didik orangtua sehari-hari, maka dari itu dengan adanya program ‘Ayah Hebat’ ini, kan mampu memberikan pendidikan psikologis kepada anak-anak,” jelas Bima.

BACA JUGA :  Hardiknas 2024, Great Edunesia Soroti Perubahan Pendidikan di Indonesia

Program Ayah Hebat sendiri, lan­jutnya, yaitu para orangtua khususnya di kalangan pegawai negeri sipil (PNS), wajib mengantakan anak-anaknya ke sekolah, dalam jangka waktu paling ti­dak seminggu sekali.

“Mengapa psikologis?, dengan mendidik serta menanamkan berbagai nilai positif kepada anak-anak, diharap­kan norma-norma tersebut bisa diap­likasian pada tumbuh kembang mer­eka nantinya. Pepatah mengatakan, Buah yang jatuh tidak jauh dari pohon­nya, maka dari itu kita harus memu­puk, dengan cara memberikan semua asupan moral dan moril terbaik pada anak-anak kita,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Dewan Pen­didikan Kota Bogor, Apendi Asryad menjelaskan, melalui diskusi ini di­harapkan tujuan dari program Ayah Hebat tersebut bisa menggapai visi misi membangun kultur budaya budi perkerti para generasi muda masa kini.

BACA JUGA :  Hardiknas 2024, Great Edunesia Soroti Perubahan Pendidikan di Indonesia

“Kami sangat mendukung program kegiatan ini, terlebih dengan melibat­kan langsung peranan orantua dalam setiap kegiatan keseharian para anak, dengan begitu kita bisa meminimalisir angka penyimpangan prilaku mereka,” paparnya.

Sambung, Sekretaris Dinas Pen­didikan Kota Bogor, Fahrudin men­gatakan, pihaknya akan mendukung program Ayah Hebat, untuk diterap­kan di sekolah-sekolah.

“Nantinya akan ada sosialisasi ter­lebih dahulu, mengingat kegiatan ini sangatlah positif tentu Dinas Pendidi­kan akan mendukung penuh, lantaran sejalan juga dengan visi misi dari pro­gram Ngabogor,” pungkasnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================