DSC_0813Kopi sebagai minuman yang di dominasi para kaum Adam kini tak hanya sebagai minuman wajib bagi orang-orang yang gemar bergadang. Nyatanya kopi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sebetulnya orang-orang jaman dahulu sudah sering memanfaatkan kopi untuk kecantikan kulit mereka, namun seiring perkembangan jaman sehingga banyak orang yang memilih perawatan kecantikan yang instan. Tetapi, belakangan kopi mulai kembali digunakan bagi mereka yang ingin perawatan alami dari bahan organik.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kopi merupakan biji – bi­jian yang mengandung kafein yang dapat di­manfaatkan untuk dunia kesehatan bahkan ke­cantikan. Kandungan kafein dalam kopi tidak hanya bermanfaat untuk menetralisir rasa kantuk. Di dalam dunia kecantikan, kafein tersebut berfungsi sebagai vasorestrictor yang akan mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah.

BACA JUGA :  Rahasia Orang Jepang Miliki Kulit Mulus dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

“Hal ini menyebabkan kulit akan terasa lebih lembut serta sangat efektif dalam membantu mengu­rangi seluit pada kulit. Kopi dapat dijadikan bahan dasar untuk pem­buatan produk kecantikan karena kandungan asam organik, mineral, potasium, magnesium, dan zat besi didalamnya,” urai Dr Satya Perdana Bogie, dokter ahli estetika kulit dari RS Melania, Bogor.

Selain itu, kopi juga memiliki kandungan zat yang sangat baik seperti zat antioksidan yang cukup tinggi seperti flavanoid dan juga po­lifenol. Zat-zat tersebut terbukti am­puh dalam mencegah serangan radi­kal bebas yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, kering, penuaan dini dan ma­sih banyak lagi masalah kulit lainnya. Jenis kopi yang digunakan yaitu jenis bubuk kopi murni, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

“Kandun­gan di dalam kopi mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Kandun­gan antioksidan yang terkand­ung di dalam kopi mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga kulit wajah akan tampak cerah dan bersih jika dilakukan se­cara rutin dan teratur. Selain itu, dapat mengontrol minyak ber­lebih. Masker kopi juga sangat bermanfaat untuk mengon­trol kandungan minyak ber­lebih, menghaluskan dan melembutkan kulit. Kopi dapat berfungsi sebagai scrub wajah, sehingga kulit wajah menjadi leb­ih halus dan lembut, mengecilkan pori-pori kulit, menghilangkan jerawat, mengatasi masalah komedo dan menyamarkan noda bekas jerawat,” pa­parnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================