Untitled-4Sebelum mendirikan Ayam Suwir Si Kentung, Toya Laraza sempat bekerja kan­toran di Jakarta. Setelah pu­nya anak, ia resign dan tidak ada pekerjaan, bosan berdiam diri di rumah. Selama kerja, Oya sering membawa bekal ayam suwir buatan ibunya.

Saat Oya tinggal di Bogor, punya ide usaha di bidang lauk cepat saji rasa rumahan, yang memang belum banyak yang jualan. Dibuatlah Ayam Suwir Si Kentung, buatan ibunda naik kelas dengan packing yang bagus dan rasa beraneka macam.

Usaha yang dirintis sejak 1 January 2014, diberi nama Ayam Suwir Si Ken­tung artinya KENndaraan berunTUNG. Perjuangan membuka usaha Ayam Su­wir Si Kentung terasa senang namun ada sedihnya. Dulu pas awal membuka usaha ini hanya mengandalkan teman-teman dan keluarga. Menawarkan dari kantor ke kantor, ikut jualan car free day sampai bazar sekolah-sekolah. Merasakan juga ayam tidak laku ha­rus dibuang. Perjuangan sangat terberat waktu di awal tahun. Orang-orang masih tidak mengerti maksud dari lauk cepat saji. “Kalau senangnya konsumen mostly suka semua sama ayam suwir kita, dari yang tidak ngerti, terus nyoba akhirnya jadi langganan sampai sekarang. Kalau bazar dimana pasti konsumen nyariin. Alhamdulillah,” ungkap Oya Kepada Bo­gor Today pekan lalu.

Produk yang ditawarkan Ayam Suwir Si Kentung baru dibahan ayam. Terdapat empat varian rasa, ada rasa pedas, sam­bal hijau, original, dan bombay. Hargan­ya Rp. 35.000 per box dengan isi bersih 250 gram, kurang lebih untuk empat kali porsi makan.

“Kelebihan produk kita punya rasa yang bikin kangen sama rumah, tekstur ayam suwirnya yang juicy dan varian rasa yang menggugah selera. Kendala kalo pas jualan sih cuma satu pada saat hujan. Karena kita kebanyakan delivery jadi kalau hujan susah buat delivery-de­liverynya,” lanjutnya.

Dengan sistem jualan membeli lang­sung ketempat produksi di Jalan Pangeran Sogiri Nomor 73 Tanah Baru Bogor Utara (satu tempat dengan Okeywash Laundry) pukul 12.00-19.00. Atau bisa juga delivery ke Bogor Kota maupun Kabupaten Bogor. Untuk konsumen di luar Bogor jangan kuatir masih bisa membeli secara online di Instagram @ayamsuwirsikentung dan dikirim melalui JNE. ”Kita suka ikut ba­zar di Depok kampus UI, Jakarta bazar perkantoran, Bogor semua bazar buatan Visit Bogor kita ikutan, kaya street food festival terakhir pasar kabita, Bogor Jazz Festival, bazar sekolah-sekolah di Bogor, IPB, dan lain-lain,” terangnya.

Sementara ini Ayam Suwir Si Kentung buka dengan sistem Pre Order (PO). Info lengkap buka PO dan ready kapan bisa selalu diupdate via Instagram. Biasanya Ayam Suwir Si Kentung ready setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Menurut Oya, modal awal di bawah Rp. 10.000.000. Setiap bulannya dapat meraup omset Rp. 5.000.000-Rp. 10.000.000. “Kita lagi ada promo nih se­lama February. Beli satu sampai dua box Rp. 35.000 dan beli lebih dari 3 box Rp. 30.000,” pungkasnya.

(Hesti Amelia)

============================================================
============================================================
============================================================