Terpisah, Ahok mengatakan, pihaknya memang mempriori­taskan tiga kota mitra sebagai perluasan rute transjakarta. “Kami utamakan (perluasan rute transjakarta) ke Tangerang, Bekasi, dan Depok dulu,” kata Basuki, di kantornya, kemarin.

Setelah itu, barulah Pemer­intah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang rute transjakarta hingga Bogor dan Cianjur. Intinya, Basuki meng­inginkan warga mulai mening­galkan kendaraan pribadi mer­eka. Kemudian, warga-warga yang tinggal di kota mitra lebih memilih menggunakan transja­karta menuju tempat kerjanya di Jakarta.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

“Kami pengin orang yang naik kendaraan pribadi merasa naik bus lebih murah, lebih aman, lebih nyaman. Itu saja. Kalau enggak kan, 3 juta kenda­raan masuk Jakarta tiap pagi,” kata Basuki.

Bus transjakarta yang bertarif Rp 3.500 ini nantinya akan melay­ani wilayah lain, bahkan sampai Cianjur, Jawa Barat. Keputusan itu tertuang dalam penandatan­ganan kerja sama yang dilakukan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta- Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi- Cianjur (Jabodetabekjur), akhir Januari lalu.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang yang Sederhana dengan Telur Puyuh Balado Bumbunya Meresap

Kepala Dinas Perhubun­gan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah me­nyatakan kesiapannya untuk memberikan public service obligation (PSO) untuk pelay­anan hingga ke daerah. Mes­ki demikian, semua trans­portasi itu tetap di bawah kendali PT Transjakarta.

“Apalagi BKSP ini berfungsi mempermudah segala birokrasi. Yang terpenting kebutuhan ma­syarakat bisa terlayani dengan baik,” kata Andri dalam rapat koordinasi di Kantor Gubernur DKI Jakarta, kemarin siang.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================