HLKeinginan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk melebarkan pasar Bus Transjakarta hingga Bogor, Cianjur dan Sukabumi, menemui ganjalan. Bupati dan Walikota Bogor hingga kini belum bersedia meneken permohonan kerjasama dengan pengelola Transjakarta. Kenapa?

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH | YUSKA APITYA AJI
[email protected]

Walikota Bo­gor Bima Arya men­gaku, wa­cana ini su­dah lama digembor-gemborkan Transjakarta. “Mereka memang sudah bertemu saya untuk mem­bahas trayek yang masuk ke Bo­gor, namun belum menyepakati kerjasama tersebut,” ujar Bima Arya, Jumat (4/3/2016).

Dia meminta agar Transja­karta melakukan komunikasi lebih dahulu ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Otoritas Transportasi Jabode­tabek. “Ssaya minta dikaji dulu dengan tim di Bogor, mereka ingin nyambung dengan Bus Transpakuan,” katanya.

BACA JUGA :  Resep Oseng Kikil Cabai Hijau yang Praktis untuk Menu Buka Puasa

Reaksi senada dilontarkan Bupati Bogor Nurhayanti yang mengaku, rencana ini perlu dimatangkan agar bus dan an­gkot yang melintasi wilayah Ka­bupten Bogor tidak terganggu. “Teknisnya seperti apa, belum ada pembahasan lebih rinci, apalagi wilayah Kabupaten Bo­gor sudah dilayani Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB),” katanya.

Terpisah Direktur Perenca­naan dan Pengembangan, Badan Otoritas Transportasi Jabodeta­bek Kemenhub, Suharto men­gakui rencana masuknya Tran­sjakarta ke Bogor. Namun, dia belum bisa memastikan nantinya jurusan terakhir yang masuk ke Bogor. “Memang perlu pengka­jian lebih khusus, seperti tempat pemberhentiannya,” ujar mantan Kepala DLLAJ Kota Bogor ini.

BACA JUGA :  Resep Membuat Ayam Bakar Kecap untuk Menu Buka Puasa yang Menggugah Selera

Pihaknya bersama Ditjen Perhubungan Darat, masih mengkajinya, setelah itu akan diserahkan ke Badan Pengelola Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (BPTJ). “Saat ini masih dalam ka­jian Ditjen Perhubungan Darat,” katanya Suharto.

============================================================
============================================================
============================================================