CIBINONG, TODAY – Penyeg­aran bakal dilakukan Pemer­intah Kabupaten Bogor ter­hadap Terminal Laladon. Ini merupakan respon atas surat yang dilayangkan Pemerintah Kota Bogor untuk optimalisasi terminal di kawasan perba­tasan itu.

Bupati Bogor, Nurhayanti menjelaskan, untuk optimal­isasi itu, ia beserta jajaran me­miliki rencana jangka pendek, menengah hingga panjang. Untuk jangka pendek, luas terminal akan ditambah, men­gatur trayek angkutan umum, bus APTB dan Transpakuan.

“Selain itu, Pasar Laladon juga akan didesain ulang. Nanti, Pasar Laladon akan jadi tingkat. Bagian atasnya berfungsi sebagai termi­nal,” kata Nurhayanti, Selasa (19/4/2016).

BACA JUGA :  Pelantikan Pengurus JJB 2024-2027 Siap Digelar, Berikut Susunannya

Sementara Kepala Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Ja­lan (DLLAJ) Kabupaten Bogor, Soebiantoro menjelaskan, luas terminal itu akan dit­ambah menjadi 1,8 hektare. Tambahan lahan itu akan menggunakan milik Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) seluas 8.000 me­ter persegi.

“Saat ini kan luasnya satu hektare. Lahan milik Dis­nakan akan kita pakai untuk perluasan. Jadi nanti total luas Terminal Laladon 1,8 hektare,” kata Bibin.

Nantinya, Terminal Bubu­lak milik Kota Bogor bakal di merger dengan Terminal Lala­don dan kini masih menunggu persetujuan dari bupati serta Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD) Kabupaten Bogor untuk peny­erahan aset.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Banten Apresiasi Implementasi Smart City di Kabupaten Bogor

“Kami harapkan, paling lambat tahun 2017 akan te­realisasi. Karena Sekda Kota Bogor bilang, Terminal Bubu­lak akan ditutup setelah opti­malisasi Terminal Laladon,” tukas Bibin.

Sementara Kepala DPKB, Rustandi mengatakan masih akan menginvestarisir status la­han milik Disnakan. “Karena la­han itu sebelumnya disewa oleh pihak ketiga, maka akan kami pelajari dulu MoU-nya,” kata Rustandi.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================